Home » » Target Program Pemerintah : Tahun 20l4 Tak ada Lagi BABS

Target Program Pemerintah : Tahun 20l4 Tak ada Lagi BABS

Written By suararakyat on Saturday, July 28, 2012 | 12:02 PM

Slawi, (srtnews) – Sanitasi lingkungan adalah setatus kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembangunan kotoran dan penyedia air bersih. Target pemerintah tahun 2014 tidak ada masyarakat yang BABS ( Buang Air Besar Sembarangan )dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan, pemerintah melalui DAK ( Dana Alokasi Khusus ) menyediakan program sanitasi lingkungan bagi masyarakat yang membutuhkan dilingkungan permukiman padat penduduk kumuh dan rawan sanitasi.

Menurut kepala DPU kab Tegal, Ir Sudaryono MT, melalui Kabid Cipta Karya, Anglir, bahwa, SLBM merupakan program berkelanjutan pemkab melalui melalui DPU kab Tegal bidang Cipta Karya sebagai fasilitator saja.  Program SLBM untuk tahun ini ada 3 kecamatan, yaitu kecamatan Talang, kecamatan Kramat, dan kecamatan Slawi. Serta dari ketiga kecamatan tersebut terdapat masing – masing hanya 2 desa.
Sedangkan khusus untuk kecamatan Slawi sudah devinitif atau sudah pasti mendapatkan program SLBM tersebut, diantaranya desa Kalisapu dan desa Kudaile. Namun untuk kecamatan Kramat ada 8 desa dan kecamatan Talang terdapat 7 desa. Kedua kecamatan tersebut masih dalam proses seleksi untuk dipilih desa mana yang pantas mendapatkan program SLBM tersebut.

“ Untuk program SLBM total nilai 2,6 Milyar untuk pembangunan 6 lokasi, sedang rencana anggarannya nantinya langsung ke rekening desa masing-masing yang mendapatkan, namun untuk proses pencairannya dibagi menjadi 3 termin, sedangkan untuk pelaksanaan pembangunannya sendiri waktunya hanya 3 bulan atau 90 hari kalender”. Tandas Anglir.

Anglir berharap, dengan adanya program DAK SLBM tersebut, tidak ada masyarakat yang BABS ( Buang Air Besar Sembarang ), dan selalu menjaga kebersihan, karena hidup bersih adalah pangkal kesehatan. Tambahnya kepada SR baru-baru ini.hdb/r(srtnews)®.
Share this article :