Proyek Waduk Penjalin Diduga Mangkrak - suara rakyat
Home » » Proyek Waduk Penjalin Diduga Mangkrak

Proyek Waduk Penjalin Diduga Mangkrak

Written By suara rakyat on Monday, August 6, 2012 | 4:08 AM

Bumiayu (SuaraRakyat) - Proyek pembangunan  pemeliharaan Waduk Penjalin  Brebes selatan   Balai Besar Wilayah Sungai  (BBWS) Balai besar  Pemali Juana  tahun 2010 yang di duga tidak selesai tepat pada waktunya , proyek  yang membuat talud , dermaga ,penyerapan air ,. Dan rumah Dinas Satkorlak Waduk Penjalin di pertanyakan oleh  sebagian masyarakat Winduaji.

Proyek pembangunan  pemeliharaan Waduk Penjalin  membuat  perubahan bangunan drainase  peresapan air terbuka  menjadi  peresapan air tertutup sepanjang kurang lebih 400 m lebar 1,5m  dengan paralon berdiameter kurang lebih 16 Cm hanya di urug dengan tanah liat   bukan split, sehingga terjadi penyumbatan sebagian lubang resapan air  resapan dari Waduk Penjalin  yang terletak di Desa Winduaji , Kecamatan , Paguyangan, Kabupaten Brebes Jawa Tengah  kurang berjalan lancar, hal ini di perkirakan dapat membahayakan  kelestarian waduk itu.

“Selain hal tersebut diatas ada beberapa titik bangunan pemantauan debit air waduk Penjalin  yang di duga  fiktif, selain itu  pembangunan talut bagian ujung utara yang belum selesai dan kemudian di lanjutkan pembangunanya pada tahun 2012,  namun kerana tidak ada plang  papan proyek  hal ini menjadikan masyarakat tanda tanya apakah  pelaksanaan oleh salah satu PT dari Semarang itu  benar belum seluruhnya selesai sesuai bestek ?”. Hal tersebut di sampaikan oleh H. Karman salah satu Kontraktor yang bertempat di Winduaji  bagian selatan waduk penjalin yang pada tahun 2010 juga ikut ngesub pembangunan dermaga di waduk penjalin tersebut.

“ Kami ingin mengetahui  hal yang sebenarnya , apakah  beberapa titik pembangunan pemantauan debit air  dan  pembangunan talut ujung utara  tersebut  benar benar belum tergarap pada tahun 2010? kami ingin tahu bestek dan RABnya  pada proyek  itu” kata   H. Karman  yang akan berupaya mengirimkan surat kepada Instansi terkait dan melaporkan hal tersebut kepada BPK  untuk di lakukan audit.

Waduk Penjalin di Kabupaten Brebes  bagian selatan   sebelum tahun 1998 di kelola oleh Dinas Pengairan  kini di kelola oleh Bali Besar Pemali Juana   propinsi Jawa Tengah, panjang bendungan 800 m  luas 1`25 Km isi 9,5 juta m3 air . dari dasar pel maximal 339,50 volume 7777.000.MDN (mam). 
Share this article :