Home » » Selama Bulan Ramadhan : Es Cendol Bandung Laris Manis Di Tegal

Selama Bulan Ramadhan : Es Cendol Bandung Laris Manis Di Tegal

Written By suararakyat on Thursday, August 16, 2012 | 11:37 PM

Tegal, (srtegal) – Selama bulan Ramadhan penjual es beranekaragam banyak dijajakan di pinggir- pinggir jalan pusat keramaian kota, salah satunya adalah es cendol Bandung yang bagi orang Tegal kedengarannya masih awam. Akan tetapi pada kenyataannya es cendol ini banyak peminatnya, ham[pir setiap habis berbuka puasa selalu habis.
 
“ Es cendol Bandung laris manis di Tegal mas. Buktinya, dagangan saya buka jam 4 sore, jam 6 terkadang sampai jam 7 malam sudah habis terjual”, ujar Warsito, penjual es cendol Bandung itu, yang berjualan di pinggir Jl. Kapt. Soedibyo, Tirus Tegal.
 
“ Mau mencoba mas”, tawarnya sambil menodori satu gelas es buatannya. Enak memang rasanya, ada manisnya, ada gurihnya dan rasanya benar- benar segar.
“ Tadinya saya kurang yakin es cendol Bandung akan disambut orang Tegal, eh tahunya laris manis, sehingga yang biasanya saya hanya berjualan dengan bahan baku cendol 1 Kg saya naiknya menjadi 2 sampai 3 Kg, dengan harga pergelas hanya Rp.3.000,-“, tutur laki- laki berkulit hitam dan bertubuh kecil itu sambil sibuk melasyani pembeli yang runtung.
 
Warsito menjelaskan, bahwa keahliannya menbuat es cendol selagi dirinya ada di kota Kembang ikut membantu berjualan es cendol bersama temannya. Karena tampak berjualan es cendol cukup menjanjikan, maka dia tidak saja ikut menjual, tapi ikut pula membantu membuat cendol dan gula campurannya. Dalam waktu tidak lama ternyata mampu dengan hasil yang baik. Pikir punya piker hidup di rantau jauh dari keluarga dirasa kurang bahagia, maka dia memutuskan pulang ke Tegal.
 
“ Nah di kota kelahiran ini saya berspikulasi berjualan es cendol Bandung. Dan Alhamdulillah ternyata es cendol Bandung di Tegal laris manis. Mudah- mudahnya sampai kapan pun tetap laris manis “, harapnya, sembari mencuci gelas- gelas yang kotor.tio/r(srtegal).
Share this article :