Antisipasi Terjadinya Banjir Warga Pakujati Perbaiki Jembatan - suara rakyat
Home » » Antisipasi Terjadinya Banjir Warga Pakujati Perbaiki Jembatan

Antisipasi Terjadinya Banjir Warga Pakujati Perbaiki Jembatan

Written By suara rakyat on Wednesday, September 19, 2012 | 1:38 PM

Paguyangan, (srtegal news) -  Mengantisipasi ambrolnya sebuah jembatan yang ada di wilayah Dukuh Sijoho Desa Pakujati Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, puluhan warga setempat melaksanakan kerjabakti dan gotongroyong memperbaiki dan membuat bangunan talud bawah penahan deras air sungai secara swadaya.

Jembatan sungai Jati dengan panjang 5 meter dan lebar jalan 4 meter itu merupakan sarana penghubung transportasi perekonomian warga sudah hampir 4 bulan yang lalu kondisinya sangat memprihatinkan, kondisi bagian bawah kiri kanan penahan jembatan mengalami keretakan akibat dihantam deras air sungai.

Wartam selaku Kaur Kesra Desa Pakujati mengatakan, jembatan sungai Jati yang terletak di dukuh Sijoho itu terancam putus akibat derasnya air sungai saat turun hujan beberapa bulan yang lalu, bangunan penahan jembatan mengalami retak-retak dan terkikis oleh air, jika tidak segera ditangani maka dikhawatirkan jembatan tersebut ambruk.

Dikatakan, jembatan dengan kondisi yang memprihatinkan itu, di musim kemarau ini pihaknya mengerahkan warga untuk melakukan perbaikan dan membuat bangunan penahan deras air sepanjang 3 meter, tinggi 1,5 meter dengan ketebalan talud 0,5 meter. Dengan menggunakan anggaan swadaya masyarakat.

Sementara Kepala Desa Pakujati, Hj Siti Aminah mengakui kondisi jembatan yang memprihatinkan, karena keterbatasan anggaran yang dimiliki desa, untuk memperbaiki sarana insprastruktur di wilayahnya itu diperlukan swadaya masyarakat. Dan pihaknya berharap kegotongroyongan warganya bisa berlangsung selamanya dan berkesinambungan, karena pembangunan desa tanpa ada partisipasi dan kepedulian dari warga itu sendiri, pembangunan tersebut tidak akan berjalan.

Lebih lanjut Aminah menjelaskan warganya masih memiliki rasa kegotongroyongan yang kuat, dan pihaknya telah lama memprogramkan jum’at bersih, program tersebut  dilakukan setiap hari jumat dengan mengerahkan warganya untuk melakukan kerjabakti membersihkan sarana umum maupun memperbaiki sarana yang bisa ditangani oleh warganya.mam/r.
Share this article :