Harga Becak Bekas Stabil, Peminat Meningkat - suara rakyat
Home » » Harga Becak Bekas Stabil, Peminat Meningkat

Harga Becak Bekas Stabil, Peminat Meningkat

Written By suara rakyat on Saturday, September 22, 2012 | 1:19 PM

Tegal, (srtegal.com) – Pasaran secara umum harga becak bekas di kota Tegal sekitarnya sejak beberapa tahun terakhir ini masih stabil, dengan kisaran harga dari Rp. 400 Ribu hingga Rp. 700 Ribu, tergantung dari umur dan kondisi becak. Dan umumnya pula becak- becak yang diperjualbelikan itu bekas becak- becak yang sebelumnya beroperasi di Jakarta sekitarnya yang sengaja didatangkan dan diperbaiki untuk dijual.
Hal ini diketahui setelah srtegal.com melakukan perbincangan dengan sejumlah abang becak yang juga nyambi melakukan kegiatan jual beli becak bekas. Dikatakan, bahwa becak- becak bekas yang didatangkan dari Jakarta yang secara kebetulan type atau modelnya sama dengan becak- becak di kota Tegal adalah yang paling laris di pasaran. Sementara becak yang didatangkan dari wilayah timur, seperti dari Pemalang ke timur hingga jatim ( Jawa Timur ) sama sekali tidak mendapatkan respon peminat, rata- rata dengan alasan type atau modelnya terlalu besar menggelembung, sehingga terasa berat untuk dikayuh.


“ Dulu saya pernah berspikulasi mengambil beberapa becak bekas dari wilayah timur, padahal kondisi becak terbilang masih bagus dan besinya belum begitu berkarat, namun selama beberapa bulan tidak satu pun becak yang berhasil terjual, hingga saya jual dengan harga yang terbilang sangat murah sekalipun tetap tidak laku, ya alasannya tadi, terlalu berat untuk dikayuh “, ungkap Karnoto ( 41 ) warga Tegal yang juga nyambi menekuni jual beli becak bekas.


“ Karena becak dari wilayah timur tidak laku jual, maka sekarang saya sudah enggak berani lagi berspikulasi menjualnya, lebih baik mengambil becak bekas dari wilayah barat, meski kondisinya agak parah dan harganya cukup mahal, namun cepat untuk diperjualbelikan. Lumayan satu becak bisa memetik keuntungan antara Rp. 100 Ribu hingga Rp. 200 Ribu untuk setiap becaknya “, ujar laki- laki berbadan kekar itu.
“ Ya kemarin saja saya baru membeli becak bekas pada mas Karnoto seharga Rp. 45.000,-, ini becaknya, ringan digenjot, padahal becak saya ini terbilang becak tua “, timpal laki-laki pengayuh becak yang ngaku bernama Lopes, warga Debong Lor, Tegal Barat, Tegal ( Jateng ).


Ditambahkannya, selama beberapa tahun terakhir ini becak- becak bekas semakin banyak peminatnya. Nggak tahu apa penyebabnya, kata orang- orang sih karena mencari lapangan kerja semakin sulit, maka daripada nganggur lebih baik mengais rejeki dengan mengayuh becak.tio/r.
Share this article :