Home » , » Hutan G. Slamet Terbakar Lagi BPBD kab. Tegal Siapsiagakan Perbekalan

Hutan G. Slamet Terbakar Lagi BPBD kab. Tegal Siapsiagakan Perbekalan

Written By suara rakyat on Wednesday, September 26, 2012 | 8:42 PM

Slawi, (srtegal.com) – Setelah beberapa waktu lalu hutan G. Slamet sempat terbakar, kini sejak beberapa hari lalu, tepatnya pada Sabtu siang (22/9) sekitar pukul 10.00 atau 12.00 WIB sudah mencapai 40 Hektar, adapun titik api ada di jalur pendakian antara Pos 5 dan Pos 6 atau ketinggian 2500 - 2600 m dpl, tak jauh dari Pos pendakian Bambangan desa Kutabawa, kecamatan Karangreja, kabupaten Purbalingga dan wilayah Pos Penakir dan Pos Gunungsari kabupaten Pemalang.

Adapun antisipasi yang dilakukan oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) kabupaten Tegal, koordinasi dengan Perhutani wilayah Pekalongan barat di Procot dan mengenai informasi kemungkinan apabila terjadi atau memasuki wilayah pendakian Pos Dukuhliwung, desa Dukuh Tengah, kecamatan Bojong dan Pos pendakian Guci, desa Rembul, kecamatan Bojong yang merupakan wilayah kabupaten Tegal, ternyata dari titik api kebakaran masih berjarak 5 Km-an.

Menurut kepala Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) kabupaten Tegal, Ir Eling Susiardi MSi, adapun upaya mencegah atau meminimalisir meluasnya kebakaran sampai ke areal wilayah kabupaten Tegal, oleh pihak perhutani Pekalongan Barat dengan dibantu pihak Kodim Pemalang, BPBD kabupaten Pemalang, SAR Pemalang dan komponen masyarakat lainnya dengan membuat ilaran selebar  2 meter sepanjang lokasi kebakaran , seperti yang terjadi dan masih dilokasi wilayah kabupaten Pemalang.

Upaya evakuasi sekitar 20-an pendaki yang terjebak di puncak melalui Pos pendakian Guci dengan mengerahkan relawan GALAS dan GALAWI Resque kabupaten Tegal yang bekerjasama dengan pihak Perhutani Pekalongan Barat.

“Kesiapsiagaan perbekalan makanan yang dibutuhkan apabila terjadi pengerahan komponen relawan dan masyarakat, apabila terjadi perluasan kebakaran di Pos Dukuhliwung dan Pos Guci ”. ujar Ir. Eling kepada srtegal.com di kantornya.hdb/r
Share this article :