Home » » Persaingan Dalam Pemilukada Brebes Banyak Prediksi Menyebutkan Imbang

Persaingan Dalam Pemilukada Brebes Banyak Prediksi Menyebutkan Imbang

Written By suara rakyat on Saturday, September 29, 2012 | 2:03 AM

Brebes, (srtegal.com) – Pelaksanaan pesta demokrasi masyarakat kabupaten Brebes (  jateng ) dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah ( Pemilukada ) untuk menentukan pilihan Bupati dan wakil Bupati Brebes untuk masa kerja lima tahun ke depan sudah masuk pada hitungan hari saja, tepat tanggal 7 Oktober pesta demokrasi itu akan digelar serempak di seluruh wilayah kabupaten Brebes. Pasangan siapa yang bakal memenanginya ?

Prediksi pun sudah mulai bermunculan, baik yang muncul dari mereka yang pro “ jago “nya maupun yang kontra dan mereka yang independen. Umumnya dari mereka yang pro “ jago “nya melontarkan prediksinya, bahwa pasangan cabup dan cawabup yang didukung dan dijagokannya diyakini bakal memenangi pemilukada. Alasannya, setiap dilakukan kegiatan apapun termasuk kampanye begitu banyak masyarakat yang simpatik dan menyambut bahkan mengikutinya.


Lain halnya prediksi dari mereka yang berada diluar koridor atau yang independen. Dari berbagai keterangan yang sempat dihimpun srtegal.com di lapangan menyebutkan, dalam pemilukada di kabupaten Brebes kali ini akan berlangsung ketat dan berimbang dalam perolehan suara. Sebab, dibaca dari perjalanan awal perjuangan masing- masing cabup/ cawabup maupun back groundnya  sama- sama memiliki spesifikasi, yang meski berbeda namun dua- duanya memiliki kekuatan dan pengaruh politis.


Meskipun terjadi keseimbangan, manurut salah seorang pengamat politik yang kini menjabat di salah satu instansi di kab. Tegal yang enggan disebutkan namanya, ada kemungkinan besar pasangan cabup/ cawabup  Nomor Urut 2, Hj. Idza Priyanti, SE – Narjo akan bisa “ mencuri “ selisih meskipun tipis.
“ Ya bisa jadi dengan kisaran selisih antara 2 sampai 5 persen. Sebab, pasangan ini dalam perjuangannya ada spesifikasi yang tidak dimiliki oleh lawan politiknya “, ujarnya.


Sisi lain dia menyebutkan, bahwa kekuatan yang signifikan dan terhimpun oleh pasangan ini, berbasis mayoritas di daerah pantura, sementara daerah selatan agaknya menjadi basis lawan politknya, sementara daerah tengah masih teka- teki artinya bisa jadi berimbang juga.


Sumber lain menyebutkan, meskipun hampir kebanyakan pengamat memprediksi dua pasangan cabup/ cawabup berimbang, namun peluang kemungkinan meraih kemenangan ada di pihak cabup/ cawabup NomorUrut 1, H. Agung Widiyantoro, SH, MSI dan H. Athoillah, SE, MSI. Sebab, pasangan ini selain tampak cukup berhasil menguasai masa dari berbagai kalangan, bawah, menengah sampai kalangan atas. Sementara untuk daerah tengah hingga pantura mayoritas menguasai kalangan atas dan sebagian kalangan menangah dan bawah.


“ Jadi nampaknya semua kalangan tergarap dengan baik, sehingga sangat dimungkinkan pasangan Agung – Athoillah akan mampu maraup selisih bisa jadi antara 5 sampai 7 persen, bahkan bisa jadi lebih. Ini namanya prediksi bisa benar bisa salah, namun mendasar pada kenyataan yang ada pasangan ini akan mampu memenangi Pemilukada Brebes kali ini “, tandasnya.


“ Yang saya lihat bahwa dukungan dari beberapa unsur parpol, organisasi kepemudaan/  Ormas, Agama seperti NU dan Muhammadiyah terlihat sangat serius, hal ini terpotret ketika beberapa waktu lalu pasangan ini melakukan kampanye terbuka di Bumiayu yang dihadiri ribuan masa yang tampak begitu antusias dan serius memberikan dukungannya. Kalau saya seperti diantara pasangan ini, maka kita optimis bakal memenangi Pemilukada yang berlangsung 7 Oktober 2012 mendatang “, ungkap sumber itu kepada Srtegal.com, kemarin di lapangan.esha/tio/r.  
Share this article :