Sosialisasi Pelaksanaan Pemilukada Brebes Dinilai Belum Maksimal - suara rakyat
Home » » Sosialisasi Pelaksanaan Pemilukada Brebes Dinilai Belum Maksimal

Sosialisasi Pelaksanaan Pemilukada Brebes Dinilai Belum Maksimal

Written By suara rakyat on Thursday, September 6, 2012 | 11:14 PM

Bumiayu, (srtegal news) - Sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Brebes, yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes kepada masyarakat, mendapat sorotan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Bumiayu Kabupaten Brebes. Mereka menilai sosialisasi yang dilakukan lembaga penyelenggara Pemilukada tersebut masih belum maksimal padahal pelaksanaan pemilukada hanya tinggal satu bulan lagi.

Slamet Riyadi aktivis LSM, menyatakan pihaknya sangat menyayangkan sosialiasi Pemilukada dari KPUD sampai sekarang masih kurang maksimal. Padahal kegiatan itu sangat penting untuk mendongkrak tingkat partisipasi warga dalam memberikan hak suaranya, padahal pelaksanaan pencoblosan hanya tinggal satu bulan lagi.

Menurutnya, indikasi masih kurang maksimalnya sosialisasi Pemilukada oleh KPUD itu, terlihat dari kegiatan sosialisasi yang tidak menyentuh akar rumput. Artinya, sosialisasi yang telah dilaksanakan belum menyentuh hingga masyarakat bawah. Namun, sosialisasi, stimulant itu dilakukan hanya pada tatanan kepala desa (kades) dan mengandalkan peserta Pemilukada, dalam hal ini para calon.

Dia mengaku khawatir jika kondisi demikian dibiarkan begitu saja. Imbasnya, tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada akan anjlok. Padahal bila melihat pelaksanaan Pemilu tahun 2007 lalu, tingkat kehadiran pemilih hanya 59 persen saja. Karena itu, KPUD sebagai lembaga penyelenggara pemilu harus kreatif untuk merangsang tingkat kehadiran pemilih. Sebab, pilkada itu menyangkut dana milik rakyat sebesar Rp 30 miliar.

"Kami minta KPUD juga kreatif dan terus memberikan stimulan, secara marathon, sehingga nanti hasilnya bisa diharapkan", ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPUD Brebes, Masykuri SPd melalui handphone membantah bahwa lembaganya kurang maksimal mensosialisasikan kepada masyarakat, dikatakan lembaganya sudah melaksanakan sosialisasi secara optimal tahapan demi tahapan pemilukada. Contohnya, pada saat tahapan pemutahiran data. KPUD telah menyebarkan surat edaran kepada masjid dan musolah, Selain itu, memberdayakan PPK dan PPS dalam sosialisasian tersebut, semuanya ada berkasnya dan itu salah satu sosialisasi yang mengakar rumput, katanya.mam/r.
Share this article :