Desa Cilibur Jadi Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III Th.2012 - suara rakyat
Home » » Desa Cilibur Jadi Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III Th.2012

Desa Cilibur Jadi Lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III Th.2012

Written By suara rakyat on Thursday, October 11, 2012 | 10:01 PM

Paguyangan, (srtegal.com) - Desa Cilibur salah satu desa terpencil di wilayah Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes mendapat perhatian dan mendapat program Tentara Nasional Indonesia  Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2012. Pembukaan dilakukan oleh Komandan Kodim 0713 Brebes, Letkol (Arm) Abu Hanifah Nur melalui upacara pembukaan dan ditandai dengan pemukulan kentongan di lapangan desa setempat pada Rabu (10/10) kemarin.

Dalam sambutanya Dandim 0713 Brebes, Letkol (Arm) Abu Hanifah Nur mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan TMMD untuk menciptakan kemanunggalan TNI AD dengan rakyat. Karenanya partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk mendukung dan suksesnya program TMMD Sengkuyung III Desa Cilibur ini. Disamping itu perlu adanya koordinasi dengan dinas maupun instansi terkait untuk kelancaran program TMMD tersebut.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan,  kegiatan ini disediakan anggaran Rp 515 juta yang bersumber dari APBD Propinsi dan APBD Kabupaten Brebes, Program TMMD Sengkuyung tahun ini dipusatkan di Desa Cilibur, berjalan selama 20 hari dengan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik akan dilaksanakan pembangunan  pengaspalan jalan desa Sepanjang 1.250 meter dengan lebar 2,5 meter, pekerjaan konstruksi jalan rabat beton sepanjang 275 meter dengan lebar 2 meter, perbaikan jembatan panjang 3,5 lebar 3,5, pasangan talud panjang 63 meter tinggi 0,1 hingga 4 meter, pembangunan gorong-gorong, pembangunan pos kamling, tugu batas masing-masing 2 unit, rehab mushola dan penyehatan rumah (plesterisasi) 10 unit.

Dikatakan,Sedangkan untuk kegiatan pembangunan non fisik di antaranya sejumlah penyuluhan, yang diisi oleh jajaran Kodim 0713, TP PKK Kabupaten Brebes, BKBPP, Dinkes dan lainnya
Dikatakan, Program TMMD ini dilaksanakan sebagai upaya membantu mempercepat akselarasi pembangunan di daerah dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehingga terwujud ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan,

Sementara Kepala Desa Cilibur, Sukirno mengatakan, insprastruktur pembangunan di desa dengan kondisi yang memprihatinkan kini telah terbantu dengan adanya program TMMD ini, bahkan sebelumnya telah mendapat bantuan pembangunan berasal dana aspirasi. Dikatakannya, Jenis kegiatan yang akan dilaksanakan pada prinsipnya berdasarkan pada hasil musyawarah Desa yang  dilakukan oleh segenap elemen masyarakat dan Pemerintah Desa Cilibur yang telah menentukan rencana kebutuhan sarana dan prasarana desa yang akan dibangun. Dengan adanya Program TMMD di desanya merupakan wahana percepatan pembangunan desa Cilibur.mam/r.
Share this article :