Harga Kedelai Stabil, Penjual Tahu & Tempe Bisa Nikmati Keuntungan Lagi - suara rakyat
Home » » Harga Kedelai Stabil, Penjual Tahu & Tempe Bisa Nikmati Keuntungan Lagi

Harga Kedelai Stabil, Penjual Tahu & Tempe Bisa Nikmati Keuntungan Lagi

Written By suara rakyat on Tuesday, October 16, 2012 | 11:15 PM

Tegal, (srtegal.com) – Setelah beberapa bulan yang lalu tidak sedikit penjual tahu dan tempe di Tegal sekitarnya bagai hidup segan mati tak mau, karena harga kedelai yang melambung, sehingga banyak pula para penjual tahu dan tempe yang terpaksa menghentikan kegiatannya, mengingat selalu mengalami kerugian.
Namun belakangan ini para penjual tahu dan tempe bisa mulai tersenyum kembali setelah harga kedelai stabil, yakni per- kg sekarang ini di pasar maupun di warung- warung berkisar antara Rp. 7.400,- hingga Rp. 7.500,-.

“ Sebelumnya sih per- kg harga kedelai antara Rp. 8.000,- sampai Rp. 8.500,-. Dengan harga seberat itu banyak diantara kami yang terpaksa menghentikan kegiatannya, tapi sekarang ini setelah harga kedelai stabil antara Rp. 7.400,- hingga Rp. 7.500,- per- kgnya, mereka mulai berjualan kembali dan sedikit- sedikit sudah bisa mengenyam atau menikmati keuntungan, termasuk saya sendiri “, ungkap bu. Udin, yang sudah belasan tahun bersama suaminya menggeluti usaha pembuatan tahu dan tempe yang dikirim kepada para pelanggan.

Dikatakan, umumnya para pelanggan tahu dan tempe tidak mau tahu soal naik turun bahan dasar pembuatan tahu dan tempe, seperti kedelai, mereka tetap berpatok pada harga sebelum ada kenaikan kedelai. Alasannya, kalau dituruti naik, maka nantinya meskipun harga kedelai bisa turun atau setidaknya stabil, penjual tahu dan tempe justru yang mematok harga tetap.

“ Saya sangat menyadari keinginan mereka. Jelas kalau pembeli ini inginnya membeli semurah- murahnya, demikian pula bagi kalangan penjual ingin menjual dengan harga mahal, agar bisa memperoleh  keuntungan yang lumayan “, ujarnya, sembari melayani sejumlah pembeli yang sudah lama berlangganan tempe buatannya.tio/r.
Share this article :