Home » » Menyambut Bulan Bahasa, SMP N 1 Tarub Gelar Lomba Nulis Dan Baca Puisi Tegalan

Menyambut Bulan Bahasa, SMP N 1 Tarub Gelar Lomba Nulis Dan Baca Puisi Tegalan

Written By suara rakyat on Tuesday, October 30, 2012 | 10:38 PM

Lomba Membaca & menulis puisi Tegalan di SMP N 1 Tarub Tegal
Slawi, (srtegal.com) – Sebuah inisiatif, kreatif dan inovatif serta digelar secara spektakuler, telah dilaksanakan oleh segenap guru termasuk kepala sekolah SMP Negeri 1 Tarub, kabupaten Tegal ( Jateng ) bersama ratusan murid dari kelas 1 sampai kelas 3, dalam bentuk lomba menulis dan membaca puisi Tegalan. Penyelenggaraan ini dikaitkan dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Tahun 2012.

Lomba digelar di lapangan sekolah setempat, Selasa ( 30/10-2012), setiap peserta lomba ini seluruhnya diwajibkan membaca puisi yang ditulisnya, yang pembacaannya dilakukan ditengah- tengah kerumunan peserta lain, terdiri para guru, staf, penjaga sekolah dan para murid sekolah setempat yang berdiri mengitari lapangan.

Salah seorang guru yang juga salah seorang peserta lomba kepada srtegal.com menjelaskan, dipilihnya bahasa Tegal menjadi bahasa dasar penulisan puisi, karena bahasa Tegal merupakan bahasa ibu. Dimana, katanya, bahasa persatuan dan kesatuan karena adanya bahasa daerah, yang dalam hal ini adalah bahasa Tegal.

Lomba digelar jam 09.00 WIB dan selesai hingga final jam 14.00 WIB. Hasil dari penilaian Dewan juri dari luar sekolah, yang terdiri Apito Lahire seorang sastrawan dan teaterwan di kabupaten Tegal yang juga sarjana monolog, Julies Nur Husein sastrawan yang juga seorang sastrawan di kabupaten Tegal. Adalah juara cipta puisi kategori siswa juara I Naba K judul puisi “ Anak Durhaka “, juara II dan III Wildan Z “ Tegal Kotane Enyong “ dan Pebi Adi “ Cengis “.
Juara Harapan I, II dan III masing- masing Ninda A “ RA Kartini “, Yesi Puji “ Dhewekan “ dan Alief Rizqi “ Artine Urip “.

Juara baca puisi kategori siswa, jura I Itsna Alfi Hidayatuunisa, juara II muhamad Fadillah Kusnadi dan juara III Laela Ayu Lestari. Juara Harapan I, II dan III, masing-masing Titin Purwaningsih, Lila Sabtiyala Huzain dan Suci Wulandari. Juara baca puisi kategori guru dan karyawan TU, juara I Fajar Sukma W, juara II Dewi Puspitasari, S.Psi dan juara III Umi Charonah S.Pd. Dan juara harapan I, II dan III adalah Suyata, SPd, Asa Duropik, Spd dan Khusnul Khotimah S.Ag. Hadiah bagi para juara tropi dan uang pembinaan.ud/r.
Share this article :