Pengolahan Ikan Menjadi Nuget Ikan - suara rakyat
Home » » Pengolahan Ikan Menjadi Nuget Ikan

Pengolahan Ikan Menjadi Nuget Ikan

Written By suara rakyat on Sunday, October 21, 2012 | 6:42 PM

KKN FKIP UPS di Kel.Tegalsari
Tegal, (srtegal.com) – Mahasiswa semester VIII FKIP Universitas Panca Sakti (UPS) Tegal, melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya UPS Tegal di wilayah kelurahan Tegalsari, kecamatan Tegal Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan Kamis (18/10) kemarin, dengan agenda pengolahan ikan filet dibuat nuget ikan.

Kegiatan pengolahan ikan tersebut, dilaksanakan sore hari dan bertempat di Aula kelurahan Tegalsari, kota Tegal. Mahasiswa sengaja mengundang nara sumber dan orang yang memiliki ketrampilan membuat nugget ikan, yaitu Tuti Dimiyati yang kebetulan juga merupakan warga kelurahan Tegalsari, yang berpengalaman dalam membuat nugget ikan.


Menurut Tuti Dimiyati, dirinya mempunyai keahlian dalam pengolahan ikan sejak dua tahun yang lalu, dan mengaku mendapatkan keterampilan tersebut dari beberapa pelatihan yang diikutinya di berbagai lembaga atau organisasi, seperti di kelompok sari ulam, Dinsos dan lain-lain.


Sedang menurutnya ikan-ikan yang bisa atau mudah untuk diolah menjadi nugget antara lain adalah ikan tengiri, ikan mata goyang, dan ikan kuniran. Namun syaratnya, yaitu untuk ikan yang dagingnya masih segar dan berwarna putih, karena agar mudah dibentuk. Biasanya sesuai dengan pengalamannya daging ikan sebanyak 1 Kg bisa menjadi 50 buah nugget.


“Ikan yang biasa dipakai untuk diolah menjadi nugget seperti ikan tengiri, ikan mata goyang, dan ikan kuniran, namun syaratnya daging ikan masih segar dan berwarna putih supaya mudah untuk diolah, dan sesuai pengalaman biasanya 1 Kg daging ikan bisa dijadikan 50 buah nugget”, Ujar Tuti Dimiyati kepada srtegal.com.


Sementara itu menurutk koordinator KKN Posdaya UPS, Andry Sutrisno, bahwa kegiatan keterampilan pengolahan ikan filet menjadi nugget ikan dengan sasaran ibu-ibu, supaya mampu berwirausaha dan bisa mendapatkan tambahan ekonomi.


“Kami sengaja mengundang narasumber dan orang ahli dalam bidang keterampilan pengolahan ikan, karena disini sasarannya adalah ibu-ibu, dengan maksud supaya mampu berwirausaha dan bisa mendapat tambahan dari hasil keterampilan tersebut”. Ujar Andry kepada srtegal.com baru-baru ini.   


“ KKN Posdaya UPS dilaksanakan sejak  1 September dan rencana selesai sampai 30 Oktober 2012, dan rencana dari teman-teman mahasiswa yang melakukan KKN tersebut diakhir kegiatan KKN berencana akan melakukan bansos, yaitu berupa pengadaan tong sampah sebanyak 50 buah yang akan diserahkan atau dibagikan ke masyarakat sekitar khususnya warga kelurahan Tegalsari, kota Tegal”, papar Andry kepada srtegal.com.hdb/r.
Share this article :