Tegal Sebagai Salah Satu Kabupaten Vokasi Di Jateng - suara rakyat
Home » » Tegal Sebagai Salah Satu Kabupaten Vokasi Di Jateng

Tegal Sebagai Salah Satu Kabupaten Vokasi Di Jateng

Written By suara rakyat on Monday, October 1, 2012 | 2:10 PM

Slawi, (srtegal.com) – Sistem pendidikan merupakan pranata social yang menjadi wahana terjadinya proses transformasi social ekonomi masyarakat, dan hasil belajar yang didapat dari proses pendidikan berupa kompetensi-kompetensi tertentu membuka kesempatan bagi pembelajaran untuk mengakses peluang kerja yang lebih prospektif  sehingga meningkatkan harapan perolehan penghasilan yang memadai.

Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja dalam bidang tertentu, khususnya pada sektor formal. Sesuai dengan paradigma yang dibangun pendidikan menengah kejuruan diselenggarakan berdasarkan kompetensi keahlian yang diperlukan oleh dunia usaha/dunia industry baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sejalan dengan dinamika masyarakat industry, kebutuhan akan tenaga kerja yang kompeten dibidang-bidang khusus menuntut perbaikan terus menerus system penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan. Dengan demikian pengembangan dan peningkatan mutu pengelolaan SMK menjadi keharusan.

Sesuai dengan struktur piramida ketenagakerjaan di Indonesia yang menunjukan posisi tenaga kerja menengah pada bagian terbesar, hal tersebut menuntut penyiapan tenaga kerja tingkat  menengah untuk dapat disiapkan secara komprehensif baik tataran waktu suplay dan kompetensinya, untuk memenuhi hal tersebut pemerintah telah melakukan kebijakan penyelenggaraan pendidikan tingkat menengah diarahkan pada terbentuknya rasio perbandingan SMK dan SMA mencapai pada posisi 70% berbanding 30% pada tahun 2015.

Guna menyelaraskan arah kebijakan tersebut, Pemerintah Propinsi Jateng melalui Dinas Pendidikan Propinsi Jateng telah menyusun suatu konsep kebijakan dalam pengembangan yakni Jateng sebagai Propinsi Vokasi yang dideklarasikan pada tanggal 12 April 2008 oleh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Jawa Tengah di Surakarta, dalam kesempatan tersebut juga telah ditandatangani Memorndum of Agreement Jateng Propinsi Vokasi.

Pencanangan Kabupaten Tegal sebagai Kabupaten Vokasi merupakan jawaban Pemerintah Kabupaten Tegal terhadap komitmen paska penandatanganan memorandum of Agreement  Jawa Tengah Propinsi Vokasi guna memperkokoh kesadaran dan komitmen masyarakat akan pentingnya pendidikan bermutu masa depan bangsa dan Negara.

Tujuan Kegiatan untuk memperteguh pemahaman dan komitmen seluruh pemangku kepentingan pendidikan di lingkungan kabupaten Tegal tentang arti penting dan strategisnya pendidikan vokasi bagi peradaban bangsa. Mengkomunikasikan dan mengsikronkan kebijakan dan hasil-hasil pembangunan pendidikan vokasi khususnya di kabupaten Tegal. Mendorong percepatan pembangunan kompetensi melalui pengembangan kreatif siswa agar mampu menghasilakan produk dalam rangka menjawab tantangan pasar.

Hasil yang diharapkan adanya pemahaman dan komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan pendidikan di kabupaten Tegal tentang arti penting dan strategisnya pendidikan vokasi bagi peradaban bangsa. Adanya komunikasi dan singkronisasi kebijakan dan hasil-hasil pembangunan di bidang pendidikan vokasi di kabupaten Tegal. Adanya percepatan pengembangan kompetensi masyarakat kabupaten Tegal khususnya usia produktif guna menjawab tantangan pasar.hdb/r.
Share this article :