TMMD Sengkuyung di Kab Brebes Berhasil Selesaikan Pembangunan Fisik Dan Non Fisik - suara rakyat
Home » » TMMD Sengkuyung di Kab Brebes Berhasil Selesaikan Pembangunan Fisik Dan Non Fisik

TMMD Sengkuyung di Kab Brebes Berhasil Selesaikan Pembangunan Fisik Dan Non Fisik

Written By suara rakyat on Tuesday, October 30, 2012 | 10:41 PM

Upacara penyerahan peralatan kerja oleh perwakilan masyarakat
Paguyangan, (srtegal.com) -  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2012 di Kabupaten Brebes berhasil menyelesaikan program pembangunan fisik dan Non fisik diantaranya mengaspal jalan sepanjang 1.250 meter dengan lebar 2,5 meter sebagai sasaran pokok sedangkan pengaspalan jalan sepanjang 150 meter lebar 1,5 meter merupakan sasaran pengembangan di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan.

“ Pengaspalan jalan itu merupakan bagian dari sasaran pokok yang dikerjakan bersama antara TNI Kodim 0713 Brebes, Pemkab dan masyarakat desa setempat ”,  kata Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0713 Brebes Kapten Inf Abukhaer usai upacara penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2012 di lapangan Desa Cilibur, Selasa (30/10) pagi.

Dijelaskan oleh Kapten Inf Abukhaer, Sedangkan sasaran non fisik, antara lain berupa penyuluhan progam pertanian, peternakan, bela negara dan wawasan kebangsaan, pertanahan, pertanian, kesehatan, agama, hukum, kependudukan dan ketenagakerjaan, sosialisasi UU perkawinan, sosialisasi penanggulangan bencana alam, sosialisasi perizinan, pelayanan langsung akte kelahiran, penyuluhan penyalahgunaan narkoba dan penyuluhan anatomi teroris.jelasnya
Seluruh kegiatan dibiayai oleh APBD I 2P.OA (fisik) Rp. 131 juta, APBD I SST Rp. 40 juta dan APBD II (fisik) Rp. 344 juta. Provinsi Jawa Tengah Rp 169 juta, dengan pengerahan tenaga kerja sebanyak 146 orang terdiri dari unsure TNI 40 orang, SKPD 6 orang dan Masyarakat 100 orang.katanya.

Sementara, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol (Arm) Abu Hanifah Nur SSos mengharapkan kepada masyarakat Desa Cilibur agar senantiasa bisa merawat dengan baik apa yang telah dibangun bersama TNI, sehingga dapat dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam upacara penutupan ditandai dengan penyerahan kembali peralatan kerja oleh perwakilan masyarakat dan TNI kepada Asisten I Sekda Brebes selaku inspektur upacara, yang dilanjutkan dengan penandatanganan laporan berita acara kegiatan TMMD dan pemukulan kentongan sebagai tanda berakhirnya kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2012.

Gubernur Jateng H Bibit Waluyo dalam cuplikan sambutan tertulis yang dibacakan inspektur upacara Asisten I Sekda, H Suprapto SH mengatakan TMMD secara terpadu dan berkesinambungan mampu meningkatkan percepatan pembanguan didaerah. Karenanya, hasil TMMD mampu membuka daeah terisolir dan mempersempit kesenjangan antar wiayah sekaligus meningkatkan roda perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.
                                                                                                                                      
 Gubernur juga meminta koordinasi dan sinergitas program pembanguan dari berbagai pihak terkait dapat terus ditingkatkan. Harapannya, berbagai kendala pembangunan dapat diselesaikan dengan baik.
                                                                                                                                                             Hadir pada acara itu, para pimpinan SKPD dan para kades se Kecamatan Paguyangan serta pejabat lainnya. Sedangkan peserta upacara berasal dari unsur TNI, Polres Brebes, pelajar SMP dan SMA serta masyarakat setempat.mam/r.
Share this article :