Tujuh Sumber Mata Air di Dua Wilayah Kecamatan, Ideal Sebagai Sumber Air Baku - suara rakyat
Home » » Tujuh Sumber Mata Air di Dua Wilayah Kecamatan, Ideal Sebagai Sumber Air Baku

Tujuh Sumber Mata Air di Dua Wilayah Kecamatan, Ideal Sebagai Sumber Air Baku

Written By suara rakyat on Thursday, October 25, 2012 | 10:16 AM

Muflikhin, Kepala PDAM IKK Bumiayu
Bumiayu, ( srtegal.com ) - Sekitar tujuh sumber mata air yang berada di dua wilayah kecamatan, yaitu di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan dan Desa Plompong, Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dipandang ideal sebagai sumber air baku yang dapat digunakan PDAM IKK Bumiayu, guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi para pelanggannya.

Hal itu didasari dari hasil survei yang dilakukan PDAM IKK Bumiayu bersama Forum Pelanggan Air Minum (ForPAM) Kabupaten Brebes, UPT Dinas Pengairan ESDM Pemali Hulu dan dua pemerintahan Desa setempat. Beberapa waktu lalu.

Muflikhin, Kepala PDAM IKK Bumiayu mengatakan, Survey meliputi pengecekan langsung lokasi sumber untuk mengetahui kondisi sumber, sekaligus mengetahui sejauh mana pemanfaatan sumber selama ini oleh masyarakat sekitar.

Dikatakannya, lokasi-lokasi sumber tersebar di beberapa titik yang berada di atas tebing dengan ketinggian 11 hingga 80 meter dengan debit air di masing-masing lokasi sumber berkisar antara 20 hingga 50 liter per detik.selanjutnya akan disampaikan ke PDAM Brebes, sebagai rekomendasi penggunaan sumber air baku .

" Di lokasi tersebut juga akan diajukan pembangunan broncaptering atau cekdam, di samping penataan jaringan pipa. Dimana nantinya akan dimanfaatkan bersama oleh Desa Plompong, Cilibur dan juga PDAM ", jelas Muflikhin saat ditemui srtegal.com di ruang kerjanya kemarin.

Sementara Ketua ForPAM Mohammad Jamil menyampaikan, dengan dimanfaatkannya sumber mata air di Desa Plompong dan cilibur ini, diharapkan akan mampu memenuhi ketersediaan air bersih bagi pelanggan PDAM IKK Bumiayu. dan pemanfaatan sumber air tersebut tidak akan mengganggu ketersediaan air bagi warga di sekitar lokasi sumber.

Terutama untuk beberapa wilayah yang kerap mengalami kendala pasokan, seperti sebagian wilayah Desa Dukuhturi dan Bumiayu. Di samping itu, PDAM juga akan mampu mengembangkan jaringan ke sejumlah wilayah yang saat ini belum terlayani jaringan PDAM.mam/r.
Share this article :