Akibat Cuaca Tidak Menentu Harga Jual Rumput Laut Pasang Surut - suara rakyat
Home » » Akibat Cuaca Tidak Menentu Harga Jual Rumput Laut Pasang Surut

Akibat Cuaca Tidak Menentu Harga Jual Rumput Laut Pasang Surut

Written By suara rakyat on Saturday, November 24, 2012 | 12:47 AM

Brebes (srtegal.com),- Gapoktan ( Gabungan Kelompok Tani) Rumput laut Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tersentuh Bank Indonesia berupa bantuan 111 rol waring plastic dan 33 bibit rumput laut melalui program Sosial Bank Indonesia ( 23/11) di Balaidesa Randusanga. Hal tersebut oleh sejumlah anggota Gapoktan tersebut jelas sangat membantu. Pasalnya daya jual rumput laut sedang alami pasang surut. Harga jual yang pernah mencapai Rp.7000/kg kini hanya mencapai Rp.4000/kg saja. Terkait penurunan harga tersebut belum jelas alasanya, hingga petani rumput laut hanya mengikuti alur pasar saja.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu anggota Gapoktan Siragas Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, Naryo (50) kepada srtegal.com.

“ Dulu kami merasa senang sekali karena harga jual rumput laut mencapai Rp.7000/kg tapi sekarang harga tertinggi hanya mencapai Rp.4000/kg saja, kami belum mengetahui apa penyebabnya, dan harga itu saja termasuk jenis rumput laut yang terbaik, dimana sekarang cuaca tidak menentu sehingga mengganggu hasil panen” Tandasnya.

Tambahnya, bila musim kemarau hasil panen kurang dari 50% dari luas per hektarnya atau sekitar 30 ton/hektar, bila musim penghujan mencapai 80 hingga 90% hasil panen atau sekitar 70 hingga 80ton/hektar.
“Itupun bila lancar tidak terhambat akibat hama rumput jarring atau kotoran tambak yang menggumpal, hal itu dapat menggagu hasil panen dan kualitas kurang bagus, kualitas rumput laut yang bagus adalah besar, hitam atau coklat dan panjang, yang kurang bagus berwarna kuning gading dan daya jual kualitas buruk tersebut hanya mencapai Rp.2800/kg saja,jelas kami rugi, tapi dengan bantuan dari Bank Indonesia ini mudah mudahan dapat membantu kelancaran bertani rumput laut kita kedepannya, kamipun berterima kasih karena telah mendapatkan perhatian secara langsung” Tambahnya.Dn
Share this article :