Pembangunan Jembatan Wadasgumantung Terancam Molor - suara rakyat
Home » » Pembangunan Jembatan Wadasgumantung Terancam Molor

Pembangunan Jembatan Wadasgumantung Terancam Molor

Written By suara rakyat on Friday, November 9, 2012 | 10:15 AM

Tonjong, (srtegal.com) - Pembangunan Jembatan Wadasgumantung, Desa Kutamendala Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes ( Jateng )  yang membentang diatas pertemuan antara  sungai Glagah dan Pedes kini diduga pelaksanaannya terancam molor, pasalnya Jembatan yang dibiayai dengan dana sebesar Rp 686.868.000,00 dari APBD Kabupaten Brebes Tahu 2012, pembangunannya baru mencapai 50 prosen. Padahal kurang dari dua pekan lagi seperti apa yang telah dijadwalkan harus selesai pada 17 Nopember 2012

Imam Sutejo aktivis LSM Tonjong meminta kepada rekanan, untuk segera menyelesaikan pembagunan jembatan, Pasalnya musim penghujan sudah mulai tiba, maka banjirpun suatu saat akan datang dan jelas akan menghambat terselesainya pembangunan jembatan.

Menurutnya, Masyarakat sangat mengharapkan jembatan ini cepat selesai karena keberadaannya sangat vital, sebagai sarana transportasi dan aktivitas, selain dengan tibanya musim pengujan yang seringkali terjadi kondisi sungai Glagah dan Pedes meluap dengan arus deras besar, rekanan tidak tepat waktu menyelesaikan proyek, juga manakala rekanan dipaksakan untuk menyelesaikan dengan waktu tinggal beberapa hari lagi, maka akan berdampak pada jeleknya mutu proyek tersebut.

Supri salah satu pelaksana kontrusi jembatan mengatakan, kontruksi yang direncanakan untuk jembatan ini dibentuk 7 saka dan dua pilar ( Abunemen ) dengan panjang jembatan 84 meter dan lebar 1 meter dengan bentangan 2 batang besi kiri kanan dan diatasnya kayu. sebagai alas jalan bisa bertahan sampai 5 tahun, asal yang melintas tidak dengan beban yang berat.

Menurutnya,  jadwal penyelesaian jembatan akan berakhir pada 17 Nopember dan saat ini musim hujan tiba, maka pekerjaannya lagi dikebut, dan keterlambatan ini disebabkan adanya pesanan kontruksi besi yang dipesan datangnya terlalu lama, katanya saat ditemui dilokasi kemarin.mam/r.
Share this article :