Home » » Biaya Nyalon Kades Sekarang Dinilai Teramat Mahal

Biaya Nyalon Kades Sekarang Dinilai Teramat Mahal

Written By suara rakyat on Friday, December 21, 2012 | 9:33 AM

Bumiayu, (srtegal.com) - Mencalonkan diri sebagai kepala desa ternyata sudah tidak segampang dulu karena sekarang mereka yang berminat dituntut memiliki uang puluhan jutaan rupiah yang harus disiapkan untuk biaya pendaftaran. Dan tingginya biaya pelaksanaan Pemilihan kepala desa (pilkades) seperti di Desa Kalisumur Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, ternyata dikeluhkan oleh Masyarakat, khususnya bagi warga yang ingin maju sebagai balon kades, pasalnya biaya mencapai Rp.32 juta lebih. Akibatnya tahap pendaftaran balon kades yang dimulai sejak tanggal 17 - 24 Desember 2012, membuat sejumlah warga yang hendak menyalonkan diri menjadi balon kades mengurungkan niatnya karena merasa keberatan dengan biaya sebesar itu, terlebih dengan hak pilih didesa itu hanya berkisar 1.950 suara saja.

Sanan Hudi selaku sekdes Kalisumur mengakui, biaya pelaksanaan pilkades didesa diwilayahnya dipandang terlalu berat, dibanding dengan desa tetangga yakni desa Pamijen yang jumlah hak pilihnya sekitar 1600 suara hanya dibebankan Rp.19,8 juta dan jumlah itu sudah termasuk dengan subsidi dari pemerintah. Sehingga dengan kata lain biayanya lebih murah dibanding didesa kalisumur.

Hal senada juga dikatakan M.Rosul yang kembali mencalonkan sebagai kades kalisumur, Dia berharap biaya pelaksanaan pilkades bisa dipertimbangkan kembali, pihanya berharap biaya pendaftaran bisa dikurangi, karena jumlah segitu baginya terlalu berat, terlebih manakala tidak ada orang lain lagi yang menyalonkan, dan sebagai calon kades tunggal, tentunya biaya tersebut terlalu besar.

Menanggapi hal tersebut, Ketua panitia Pilkades Desa Kali sumur H. Nurkholis mengatakan, biaya sebesar itu belum keputusan final karena masih menunggu hasil musyawarah dengan BPD desa kalisumur.
" Kita sebagai panitia telah menghitung anggaran pengeluaran selama pelaksanaan kegiatan pilkades mendatang, harapannya pengajuan biaya tersebut bisa menyukupi selama kegiatan" ujarnya.mam/r.
Share this article :