Home » » Dalam Operasi Zebra Banyak Ditemukan Dari Anak Sekolah

Dalam Operasi Zebra Banyak Ditemukan Dari Anak Sekolah

Written By suara rakyat on Friday, December 21, 2012 | 9:19 AM

Slawi, (srtegal.com) – Satlantas Polres Tegal dalam menggelar Giat Operasi Zebra Candi yang digelar sejak 28 November dan berakhir 11 Desember 2012 yang lalu  berhasil melakukan tindakan  baik berupa tilang maupun teguran dengan total penindakan sebanyak 3.630 pelanggar.

Kapolres Tegal AKBP Nelson Pardamean Purba SIK melalui Kasat Lantas AKP Padly SH SIK mengatakan, dari jumlah penindakan tersebut terinci tilang sebanyak 1.511 pelanggar dan teguran tertulis ada 2.119 pelanggar.

"Rata-rata pelanggar dilakukan oleh anak usia sekolah (pelajar) sedang untuk pelanggaran terbanyak masalah kelalaian penggunaan helm," ujarnya, kemarin.

Ia menambahkan, gelar Operasi Zebra Candi 2012 yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Polda Jawa Tengah dan seluruh wilayah nusantara mampu diselesaikan dengan hasil optimal oleh jajaran Satlantas Polres Tegal. Dimana target penindakan dari Polda Jateng sebanyak 3.080 pelanggar sehingga target kami melampaui 117 persen.

Ia menjelaskan, jumlah laka lantas selama operasi digelar justru mengalami penurunan cukup drastis. Selama operasi digelar hanya terjadi 16 kejadian laka lantas, dibanding dengan 14 hari sebelum operasi digelar yang mencapai 27 kejadian.

"Pendidikan masyarakat (dikmas) lantas selama giat Ops Zebra Candi berhasil melakukan sebanyak 2.549 kali dan giat Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) sebanyak 2.468 kali", ujarnya.

Sementara untuk laka lantas prosentasenya berhasil ditekan turun menjadi 41 persen. Sedang sasaran yang dibidik dalam Ops Zebra Candi tahun ini untuk dikmas lantas lebih diarahkan ke sekolah-sekolah dan terminal. Dari sisa waktu yang ada telah mampu diintensifkan pada upaya preventif atau mencegah masyarakat melakukan pelanggaran dan meningkatkan kesadaran mereka untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

Selain itu, perwira asal Mataram ini mengatakan, usai merampungkan gelar Operasi Zebra Candi 2012, langkah mensosialisasikan pemberlakuan UU Nomor 22 tahu 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan secara kontinue akan terus dilakukan korps Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Slawi, melalui dikmas secara kontinue dan menyentuh lapisan masyarakat. Dari giat ini diharapkan tumbuh kesadaran bagi pengemudi angkutan dan kendaraan bermotor untuk mematuhi aturan hukum berlalu lintas.Tio/r.
Share this article :