Home » » Dari 190 Ribu Pemilih Pemilu 2009 Golput Kota Tegal Capai 30%

Dari 190 Ribu Pemilih Pemilu 2009 Golput Kota Tegal Capai 30%

Written By suara rakyat on Wednesday, December 12, 2012 | 8:38 PM

Tegal (srtegal.com),- Banyaknya Partai Politik lambat laun membuat masyarakat mengalami kejenuhan, karena banyaknya partai politik yang bermunculan tersebut rentan membuat masyarakat bingung dengan ajakan-ajakan yang memanjakan karena janji manis yang diberikan, namun pemenuhan janji tersebut terkesan lambat dan kurang mengena dengan aspirasi yang public inginkan, sehingga rentanitas kejenuhan dan lakukan golput dikhawatirkan kian meningkat. Hal itu dibuktikan dari hasil pemilihan umum di wilayah Jawa tengah yang menunjukkan masyarakat enggan gunakan hak pilihnya antara lain Kota pekalongan 32,05%, Semarang 33,49 %, Kabupaten Wonogori 31,04%, Kota Tegal sendiri dengan Kabupaten Pemalang mencapai 33,01% dan 35,08%. Hal ini menunjukkan bahwa peran serta dan pemahaman warga masyarakat belum sepenuhnya memahami akan arti pentingnya demokrasi dalam menentukan dan memilih pemimpin.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua panitia Diskusi Politik  yang disampaikan oleh Kasi Kelembagaan dan budaya politik Dinas Kesbangpol Dan Linmas Kota Tegal, Ading SH kepada srtegal.com saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

“ Kami khawatir  pemilu mendatang kian meningkat Golputnya, untuk itu guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat dibidang politik kami gelar diskusi politik beberapa waktu lalu yang berdasarkan pada UU no.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, UU No.15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu,UU RI No. 8 Tahun 2012 tentang pemilu DPR,DPD dan DPRD, Permendagri no.36 Tahun 2010 tentang pedoman fasilitas dan penyelenggaraan politik, perda dan Perwal” .Tandas Ading.

Tambahnya, untuk Kota tegal sendiri dari 190 ribu pemilih Golput mencapai 30%. Hal ini harus diantisipasi lebih lanjut karena dari hasil verifikasi Kota Tegal ada 16 Parpol, kami khawatir masyarakat tetap akan merasa jenuh akan parpol itu.Dn`
Share this article :