Home » » LSM dan Orkemas Diminta Perpanjang SKT

LSM dan Orkemas Diminta Perpanjang SKT

Written By suara rakyat on Friday, December 28, 2012 | 10:26 AM

SLAWI (srtegal.com) – Sebanyak 69 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan 73 Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas) Kabupaten Tegal diminta untuk memperpanjang Surat Keterangan Terdaftar (SKT), hal itu dikarenakan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 tahun 2012 tentang Orkemas.

Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Tegal Agus Sunaryo mengatakan, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 33 tahun 2012 tentang Orkemas itu sudah mulai diberlakukan sejak Mei 2012 lalu. Bagi LSM atau Orkemas yang belum melakukan perpanjangan terancam tidak akan mendapatkan bantuan hibah baik dari pusat maupun provinsi.

“Sejak diberlakukannya dokumen kelengkapan orkemas dalam pasal 8 ayat (2) meliputi Permendagri Nomor 33 tahun 2012, kurang lebih sekitar 172 orkemas di Kabupaten Tegal sementara baru satu LSM yang sedang melakukan proses Perpanjangan,” ujarnya kemarin.
Ia menambahkan, untuk masa berlakunya surat keterangan terdaftar selama 5 tahun, dan keabsahan bagi LSM atau Orkemas pemerintah nantinya akan membentuk tim verifikasi yang terdiri dari Kesbangpolinmas dan dari Bagian Hukum setda pemkab Tegal. Namun bagi LSM atau Orkemas yang SKT-nya masih berlaku, masih bisa mendapatkan bantuan hibah, sedang bagi yang sudah lewat waktunya harus dilakukan perpanjangan sesuai dengan Permendagri yang baru.

“LSM atau Orkemas yang bisa mendapatkan bantuan hibah baik dari pusat maupun provinsi, minimal sudah terdaftar selama tiga tahun dan SKT-nya masih berlaku,” ujarnya.
Dengan diberlakukannya Permendagri 2012 yang baru tersebut menurutnya, malah membantu LSM dan Orkemas, karena disamping kriteria persyaratan lebih rumit dan ketat yang nantinya dapat meminimalisir adanya oknum-oknum yang mengatasnamakan orkemas dan LSM. “Sementara hingga sekarang belum ada masyarakat atau dari dinas yang melaporkan ke kami, semisal adanya penekanan atau menjurus pemerasan, jika ada kami siap menindaknya,” ujarnya.

Agus berharap, LSM dan Orkemas secepatnya melakukan perpanjangan SKT yang sesuai dengan permendagri baru, supaya tidak kesulitan nantinya dalam mendapatkan bantuan hibah. Dex   
Share this article :