Home » » Waduk Peninggalan Ir Soekarno Diruat

Waduk Peninggalan Ir Soekarno Diruat

Written By suara rakyat on Friday, December 28, 2012 | 10:29 AM

SLAWI (srtegal.com) – Warga khususnya Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, Senin (24/12/2012) lalu melaksanakan acara rutin tahunan ruatan sedekah Waduk Cacaban, yang bertempat di Obyek Wisata Waduk Cacaban. Acara rutin tahunan sedekah Waduk Cacaban dihadiri Plt Bupati Tegal Herry Soelistyawan SH MHum, Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Dinas Pariwisata, Dinas Dikpora dan Muspika Kabupaten Tegal, dilaksanakan secara sederhana namun meriah. Plt Bupati Tegal Herry Soelistyawan SH MHum melalui Asisten II Setda Pemerintah Kabupaten Tegal Drs Agus Subagyo MM dalam sambutannya menyatakan, peringatan sedekah Waduk Cacaban merupakan momen yang bagus dan harus terus dilestarikan, karena momen tersebut merupakan tradisi daripada warga masyarakat Kecamatan Kedungbanteng khususnya dan Pemkab Tegal pada umumnya.

Ia menambahkan, Waduk Cacaban yang merupakan peninggalan dari Presiden pertama RI Ir Soekarno ini agar terus dijaga kelestariannya, karena Waduk tersebut merupakan sumber mata air bagi kehidupan masyarakat banyak. “Waduk yang dibangun sejak 1952 lalu oleh Presiden Soekarno, banyak manfaatnya yakni, untuk mengairi persawahan, dan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat banyak khususnya Kabupaten Tegal,” ujarnya.

Selain itu, Ketua Panitia Sedekah Waduk Cacaban Pujo Kasripin AMpd dalam sambutannya menyatakan, acara ruatan sedekah Waduk Cacaban yang sudah dilaksanakan selama delapan kali ini merupakan acara rutin tahunan dan sudah menjadi tradisi khususnya masyarakat di Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Dalam setiap tahunnya acara dilaksanakan dengan sederhana dan hikmat, “Kami dalam melaksanakan ruatan sedekah Waduk Cacaban ini dengan cara swadaya masyarakat, maka dari itu kami meminta uantuk Pemkab Tegal supaya dapat membantu dalam bentuk kompensasi agar acara tersebut terlaksanan dengan bagus dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, tamu undangan dalam ruatan sedekah Waduk Cacaban Damayanti Wisnu Putranti SSos yang merupakan anggota DPP PDIP di Bidang Kelautan Perikanan dan Pertanian Pusat mengatakan, kegiatan rutin ruatan sedekah Waduk Cacaban ini memotivasi masyarakat untuk menggalakan dan melestarikan tradisi yang ada di Kabupaten Tegal agar tidak punah begitu saja. “Kami sangat tertarik dengan momen tersebut, dan mendukung kegiatan ruatan sedekah Waduk Cacaban, dan saya harap acara tersebut dapat diikuti oleh semua eleman masyarakat sekitar maupun dari luar dan didukung oleh pemerintah setempat,” ungkapnya. Tio
Share this article :