Home » , » Pembagian e-KTP, Kecamatan Dukuhturi digeruduk Warga

Pembagian e-KTP, Kecamatan Dukuhturi digeruduk Warga

Written By suara rakyat on Wednesday, January 9, 2013 | 12:43 AM

SLAWI (srtegal.com)- Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal awal Desember 2012 lalu digeruduk warga, hal itu dikarenakan Desember lalu kecamatan tersebut melaksanakan pendistribusian Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi warganya yang sudah jadi.

Camat Dukuhturi Supriyadi Ssos Msi mengatakan, sejak Desember 2012 lalu, kecamatan membagikan e-KTP warga yang sudah jadi dan melakukan validitas untuk verifikasi cap tiga jari. Hal tersebut dilakukan karena merupakan persyaratan untuk pengambilan yang harus diambil sendiri dan tidak boleh diwakilkan. Sedang untuk persyaratan lainnya seperti, harus membawa KTP asli yang lama untuk ditarik, dan membawa undangan dari kecamatan yang melalui desa masing-masing. 

"Waktu pendistribusian e-KTP itu memang awalnya sudah diagendakan per desa untuk mengambil dan melakukan validasi ke kecamatan, namun hal itu sempat terkendala karena terjadi penumpukan sebanyak 18 desa menggeruduk ke kecamatan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk target e-KTP di Kecamatan Dukuhturi yakni, sekitar 69 ribu, sedangkan yang sudah terekam baru 38 ribu, dan yang sudah jadi baru 21 ribu, sekarang dalam pendistribusian ke warga melalui desa masing-masing. Dengan adanya surat dari Permendagri yang turun sejak pertengahan Desember 2012 lalu, kecamatan diminta untuk segera mendistribusikannya bagi yang sudah jadi melalui desa masing-masing, tanpa divalidasi terlebih dulu.

"Kami akan memvalidasi e-KTP itu dengan cara menjadwal terlebih dulu, dan rencananya per desa akan kami beri waktu satu minggu untuk melakukan validasi di kecamatan, sehingga tidak terjadi penumpukan seperti sebelumnya. Saat itu terkesan kantor kecamatan digeruduk dan di demo  warga, karena sangat ramai," paparnya.tio(r).
Share this article :