Home » » Tunggakan Pelanggan PDAM Capai 1,3 M

Tunggakan Pelanggan PDAM Capai 1,3 M

Written By suara rakyat on Wednesday, January 9, 2013 | 1:01 AM

Bumiayu, (srtegal.com) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Bumiayu Kabupaten Brebes mencatat total tunggakan pelanggan sejak bulan Mei hingga Desember 2012 mencapai Rp 1,3 milyar. Pasalnya PDAM setempat saat ini mengalami kendala pendistribusian air kepada para pelanggan.

Kepala PDAM IKK Bumiayu Muflikhin ST  mengatakan, tingginya angka tunggakan pelanggan tersebut akibat adanya kendala diantaranya berada di zona 1,2 dan 6 dengan jumlah pelanggan sebanyak 1.300 sambungan. Di mana 25 persen di antaranya menunggak," ujar Muflikhin, saat ditemui diruang kerjanya Jumat (4/1) kemarin.

Dikatakan, keterbatasan debit air yang saat ini terjadi di dua sumber baku air PDAM yakni sumber Bulakan dan Tuk Podol, menjadikan suplay kepada sejumlah pelanggan di zona tersebut tidak maksimal. Dan untuk mengatasi hal tersebut pihaknya pada tahun ini mengusulkan kepada Pemda Brebes dalam upaya penambahan sumber mata air sebagai penyediaan sumber air baku, untuk mencukupi kebutuhan air pada pelanggan, ungkapnya.

Diakui Muflikhin, jajarannya sejauh ini telah merekomendasikan dua sumber mata air sebagai sumber air baku PDAM. Yakni Setramenggala dengan 7 sumber air dan Tuk Uleng, keduanya berada di wilayah Kecamatan Sirampog. Pihaknya berharap usulan tersebut mampu terealisasi, baik di zona yang sudah terlayani maupun zona baru yang bisa memperluas jaringan pelayanan hingga ke Desa Kaliwadas, Pruwatan, Pamijen dan sebagian wilayah Kecamatan Bantarkawung, katanya (mam).
Share this article :