Home » » BPP Kecamatan Bumiayu Sosialisakan RDKK

BPP Kecamatan Bumiayu Sosialisakan RDKK

Written By suara rakyat on Wednesday, July 31, 2013 | 11:35 PM

Bumiayu, (srtegal.com) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hurtikultura Kabupaten Brebes melalui Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, menggelar sosialisasi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok tani (RDKK).  Hal ini dalam upaya penyeragaman administrasi 2014 dalam pembuatan proposal pengajuan sarana pertanian berupa  pupuk dan obat-obatan  maupun sarana yang dibutuhkan oleh petani, belum lama ini.

Koordinator BPP Kecamatan Bumiayu, Bambang SW mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar dinas terkait dapat mengawal/membina kelompok tani dalam merencanakan kebutuhan riil sarana produksi, khusunya pupuk bersubsidi, selain itu agar dapat menyusun RDKK dan menyiapkan perangkat guna kelancaran penyaluran, untuk kegiatan usaha taninya pada setiap musim tanam secara mandiri berkesinambungan.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, kalau pupuk bersubsidinya ingin tetap lancar, buat RDKK sesuai dengan kebutuhan, karena sebelumnya RDKK yang dibuat selama ini hanya untuk sub sektor Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. “Sementara RDKK untuk sub sektor lainnya tidak dibuat, sedangkan penyusunan RDKK juga tidak dicantukan nilai anggarannya,” ungkapnya, belum lama ini.

Sementara itu, distributor pupuk, H Iwan menjelaskan, di Kecamatan Bumiayu terdiri dari 96 kelompok tani tanaman pangan, hanya mendapatkan pupuk urea bersubsidi sebanyak 280 Ton

pertahun, jumlah tersebut dinilai masih belum mencukupi kebutuhan para petani. Pihaknya akan memperjuangkan para petani dalam pengadaan pupuk bersubsidi, khsusnya permintaan pengecer yang ada ditiap desa.

Adapun acara sosialisasi digelar di aula kantor BPP Kecamatan Bumiayu dan dihadiri para petani, kepala desa dan para distributor/pengecer pupuk se kecamatan Bumiayu. mam®


Share this article :