Home » , » Pemkot Tegal Berlakukan Pembayaran PPN dan PPH Di Muka

Pemkot Tegal Berlakukan Pembayaran PPN dan PPH Di Muka

Written By suara rakyat on Wednesday, July 31, 2013 | 10:22 PM


Tegal, (srtegal.com ) - Pembayaran PPN dan PPH proyek di Kota Tegal dibayarkan di muka. Hal tersebut sudah berjalan kurang lebih 3 tahun dan dirasakan memberatkan sejumlah kontraktor Tegal. Meski tidak ada reaksi akan pemberlakuan kebijakan tersebut, namun hal ini layak di pertanyakan, pasalnya pembayaran PPN dan PPH di muka hanya terjadi di Kota Tegal dan berdasar dari Peraturan Walikota (Perwal) saja. Sedang pembayaran PPN dan PPH sudah selayaknya dibayarkan saat pencairan terakhir 100 persen dari nilai pekerjaan. 

Ketua Komisi II DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST, perihal tersebut merupakan langkah awal dobrakan taat pajak dan kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tegal yang dibuktikan pada tahun sekarang mencapai 147 miliar dibanding tahun 2007 silam yang hanya mencapai 70 miliar saja.

“Itu sebagai teknis penarikan pajak dalam hal ini ditangani oleh DPPKAD dan Bank Jateng melalui kebijakan pemerintah Kota Tegal untuk kelancaran dan ketaatan pajak. Kalau ada rekanan atau kontraktor yang merasa keberatan dan dirugikan dalam hal ini, berarti kontraktor tersebut belum siap diri dari sisi financial dan sumber daya manusianya,” ujarnya, kepada srtegal.com, belum lama ini.

Dia menambahkan, kaitan hal tersebut, tidak ada perda yang diberlakukan, akan tetapi melalui peraturan walikota, sehingga kebijakan tersebut sudah selayaknya dilaksanakan dengan baik, karena memiliki tujuan yang baik untuk kemajuan Kota Tegal. dn®
Share this article :