Home » » Sikapi Kenaikkan BBM Raskin ke 14 dan 15 Segera Dikucurkan

Sikapi Kenaikkan BBM Raskin ke 14 dan 15 Segera Dikucurkan

Written By suara rakyat on Wednesday, July 31, 2013 | 9:37 PM

Slawi, (srtegal.com) - Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) ke 14 dan 15 segera diluncurkan dari Bulog pada bulan Juli dan September mendatang. Raskin tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang terjadi pada 22 Juni, lalu.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Tegal, M Budi Eko Setiawan ST didampingi Kasubag TU Ekbang yang merupakan Koordinator Raskin Kabupaten Tegal, Caryo Apandi SSos, menjelaskan, raskin ke 14 dan 15 merupakan program baru setelah sebelumnya ada raskin ke 13. Raskin ke 14 rencananya bakal disalurkan akhir Juli ini setelah raskin reguler dibagikan. Kemudian raskin ke 15, disalurkan setelah lebaran atau September mendatang.

Dia mengaku, sudah mensosialisasikan program kompensasi raskin tersebut ke seluruh camat di Kabupaten Tegal. Dia juga berharap, camat dapat membantu mensosialisasikan ke seluruh kepala desa di wilayahnya masing-masing.

“Dari kepala desa, kami harapkan supaya mensosialisasikan ke masyarakat atau ke RT dan RW masing-masing,” ujarnya, belum lama ini.

Dia tidak memungkiri, pelunasan raskin di Kabupaten Tegal kerap mengalami kendala. Biasanya, kendala itu terjadi pada pengurus raskin di tingkat desa. Pengurus yang seharusnya menyetorkan uang hasil penjualan raskin itu ke Bulog atau ke Bank, tapi tidak langsung di laksanakan, sehingga droping raskin mundur. Adapun pelunasan itu, juga kerap molor hingga satu bulan. Padahal, dalam aturannya, tiga hari setelah raskin disalurkan ke masyarakat, pengurus desa harus segera menyetorkan hasil penjualannya itu.

“Pada prinsipnya, jika belum lunas, Bulog tidak akan menyalurkan raskin,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kuota raskin untuk wilayah Kabupaten Tegal sebanyak 1,3 juta kilogram. Jumlah itu untuk 90.668 rumah tangga sasaran (RTS). Dia juga menjelaskan, harga raskin tidak ada perubahan. Harga masih tetap Rp 1.600 per Kg.

“Harga tidak ada perubahan. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. hdb®

Share this article :