Home » , » Karya Bakti Lebaran 2013, Ratusan Pramuka Diperbantukan

Karya Bakti Lebaran 2013, Ratusan Pramuka Diperbantukan

Written By suara rakyat on Saturday, August 3, 2013 | 1:58 AM

Slawi, (srtegal.com) – Ratusan anggota Pramuka dari berbagai unsur Satuan Karya (SAKA), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) dan Dewan Kerja bakal diperbantukan dalam gelaran pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2013. Hal tersebut terungkap saat Rapat koordinasi Pengamanan Lebaran yang digelar Kwartir Cabang Tegal dengan jajaran pimpinan Satuan Karya (SAKA) tingkat Cabang di Sanggar Pramuka, Slawi, Kamis sore (1/8) lalu.

Rakor yang dipimpin Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR dihadiri Pimpinan Kwarcab, Andalan Cabang Abdimas dan Humas, Perwakilan Saka Bhayangkara Polres Tegal, Saka Wirakartika Kodim 0712/Tegal, Dewan Kerja dan UBALOKA.

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono MKes MMR mengatakan, Kwartir Cabang setiap tahunnya selalu mengikutsertakan anggotanya (Pramuka) dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran, khususnya dalam pengamanan arus mudik dan balik.

Mereka terdiri dari berbagai potensi, yakni anggota Satuan Karya (SAKA) yang ada, meliputi Saka Bhayangkara Polres Tegal, Saka Wirakartika Kodim 0712 Tegal, Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Dewan Kerja dan Kwartir Ranting (Kwarran).

“Sekitar 170 Pramuka, terdiri dari 100 anggota Saka Bhayangkara, 40 anggota Saka Wirakartika dan 30 orang dari DKC dan UBALOKA,“ ujarnya, kepada srtegal.com, belum lama ini.

Dia mengatakan, untuk Kwartir Cabang sendiri akan dibentuk Posko Induk yang bertempat di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal yang berlokasi di Jl KH Agus Salim No 2 Kudaile, Slawi. Yang berfungsi mengkoordinasikan Personel Pramuka yang berada di lapangan/Pos Pam.

“Pos Induk akan diisi oleh Ubaloka dan DKC, di bawah koordinasi Bidang Abdimas dan Humas. Sedangkan Posko di bawah kendali Kwarran, agar koordinasi dengan Polsek setempat,” tandasnya.

Sekretaris Bidang Abdimas dan Humas, Teguh Herdi Sancoyo MPd didampingi andalan humas, Nurhasan menjelaskan, anggota Pramuka dalam Pengamanan Lebaran hanya sifatnya membantu, yaitu dalam rangka Karya Bakti Lebaran sebagai bentuk kegiatan Pramuka Peduli dan Pengabdian Masyarakat (Abdimas).

“Pramuka bersifat membantu, kendali dilapangan tetap dibawah Polri,” terangnya.

Menurut dia, ada nilai lebih bagi Pramuka dalam Pengamanan Lebaran, yaitu Pramuka dapat membantu di luar Pos Pam terpadu di bawah Polres Tegal. Nilai lebih tersebut, seperti bantuan pengaturan lalu lintas pasar tumpah/Prepegan, penjagaan perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu dan sebagainya.

“Di luar Pos Pam terpadu, Pramuka bisa membantu saat prepegan maupun di lokasi rel kereta tanpa palang pintu,” tegasnya.

Sementara, Pengurus Saka Bhayangkara Polres Tegal, AIPTU Aris Gunarso mengatakan, anggota Saka Bhayangkara akan diterjunkan mulai H-3 hingga H+7 dan di tempatkan untuk membantu pada titik – titik yang diperkirakan rawan macet.

“Dari 100 anggota Bhayangkara, akan kita bagi ke beberapa pos, yakni pasar Kemantran, Kramat 10 anggota, Pasar Suradadi 10 anggota, Banjaran Permai (BP) 15 anggota, Komplek Ruko Slawi dan Pasar Trayeman 15 anggota, serta pasar Margasari 10 anggotanya,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, pada hari H hingga H+7 anggota Saka Bhayangkara juga akan dilibatkan dalam membantu pengamanan pada obyek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat lebaran.

“Jumlah personel yang diperbantukan, yakni 15 orang di obyek wisata Guci dan 10 personel di Purwahamba Indah (Pur’In) Suradadi. Sehingga total anggota ada 100 orang,” imbuhnya.

Di sisi lain, Pengurus Pinsaka Wirakartika Kodim 0712 / Tegal, Serka Sutarman SH menjelaskan personel Saka Wirakartika yang diterjunkan dalam membantu pengamanan lebaran total sebanyak 70 orang yang dibagi dua wilayah, yakni Kabupaten dan Kota Tegal.

“Untuk kabupaten ada 40 orang yang akan di tempatkan didua titik, yakni Pos Banjaran dan Pasar Pagongan,” ungkapnya. hdb®


Share this article :