Home » , » Semangat Proklamasi Jadikan Tonggak Sejarah Untuk Bersatu

Semangat Proklamasi Jadikan Tonggak Sejarah Untuk Bersatu

Written By suara rakyat on Saturday, August 17, 2013 | 5:38 PM

Slawi, (srtegal.com)Pada upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke- 68 tahun tingkat Kabupaten Tegal, bertindak sebagai inspektur upacara Pj Bupati Tegal Ir Satriyo Hidayat, dan dihadiri oleh Forkompinda, Ketua dan Anggota DPRD, Pejabat Pemkab Tegal, Pejabat instansi, veteran pejuang, organisasi kemasyarakatan (Ormas) sebagai tamu undangan.

Upacara yang berlangsung di lapangan Pemda Kabupaten Tegal tersebut tampak peserta upacara seluruh elemen dari masyarakat Kabupaten Tegal, baik dari TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Perusahaan Swasta, Mahasiswa, Siswa-siswi SLTP dan SLTA serta Pramuka. Peringatan tersebut dimulai tepat pukul 10.00 WIB, ditandai dengan bunyi sirine di lapangan upacara Pemda Kabupaten Tegal, sabtu (17/8) kemarin.

Pj Bupati Tegal membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, mengatakan perjuangan panjang yang tulus ikhlas merebut kemerdekaan oleh para pendahulu, merupakan wujud nyata dari para pahlawan kusuma bangsa yang ingin membangun kehidupan bangsa yang beradab, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, kemerdekaan Indonesia yang dinikmati hingga sekarang, bukanlah hadiah yang jatuh dari langit atau wehwehan dari negara lain, melainkan buah perjuangan keras para pejuang pendahulu dengan linangan air mata, genangan darah, serta pengorbanan jiwa raga dan harta benda yang tulus ikhlas dari para pejuang.

Sebutan sebagai Pahlawan adalah mereka yang rela berkorban untuk Negara dan bangsanya tanpa pamrih dan balas jasa. Itulah yang menyemangati dan menjadi tekad bulat para pendahulu kita dalam mewujudkan Kemerdekaan Indonesia,” ungkap dalam sambutannya, kemarin.

Untuk itu menurut dia, sudah menjadi kewajiban sebagai generasi penerus, untuk selalu setia menjaga dan mengisi kemerdekaan, dengan karya nyata dan kerja keras, kerja cerdas mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri, berdaya saing tinggi dan sejahtera, serta menjadi Negara dan Bangsa yang terhormat di mata dunia, dan kini, sudah semakin dirasakan dan nikmati.

Selanjutnya dia mengatakan, dalam setiap memperingati Kemerdekaan Indonesia, agar senantiasa mengutamakan semangat kebersamaan, toleransi, kesetiakawanan, jiwa gotong royong yang harus selalu dijaga, dengan senantiasa memantapkan sinergitas karya dan usaha untuk terus maju.

“Mari semangat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, kita jadikan tonggak sejarah dan semangat kita untuk terus bersatu padu, memantapkan kedaulatan Negara Indonesia, menjadi negara yang bermartabat dengan berkepribadian Pancasila. Dan Jawa Tengah kita kokoh kuatkan sebagai Bentengnya Pancasila dan Basis Pembangunan Nusantara, harus terus bangkit dan cancut tali wanda menjadi kekuatan utama kemajuan Indonesia,pungkasnya.hdb®.
Share this article :