Home » » Atasi Longsor, PNPM-MP Bangun Talud

Atasi Longsor, PNPM-MP Bangun Talud

Written By suara rakyat on Thursday, September 26, 2013 | 1:09 AM

Paguyangan, (srtegal.com) – Upaya peningkatan infrastruktur di Desa Pakujati, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes semakin nyata, ini dibuktikan dengan semakin gencarnya upaya-upaya pembangunan infrasturktur untuk meningkatkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warga. Tahun ini kembali mendapatkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP).

Program tersebut menyasar dan difokuskan satu titik pedukuhan pembangunan talud sungai disepanjang jalan di Dukuh Sijoho dibangun dengan dana PNPM-MP 2013 dan didukung swadaya masyarakat.

Pj Kades Pakujati,,Pamuji mengatakan, keberadaan talud ini sangat penting dalam upaya penanggulangan kelongsoran jalan maupun kondisi sungai sebagai sarana irigasi pertanian. Untuk pengerjaan talud dilaksanakan oleh masyarakat sebagai bentuk semangat masyarakat memajukan pembangunan di wilayahnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, pembangunan talud ini melibatkan tenaga-tenaga swadaya masyarakat setempat dengan didukung aparat pemerintahanan dan lembaga desa. “Dia berharap hasil dan kualitasnya nanti dapat bertahan lama,” ungkapnya, kepada SR, belum lama ini.

Sementara, Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK), H Suwarso mejelaskan, tengah menyelesaikan kegiatan pembangunan infrastruktur pembangunan talud sungai yang ada disebagian jalan kabupaten di Dukuh Sijoho, talud dengan volume panjang 410 meter x tinggi 3 meter dana PNPM-MP Rp 240.630.000 dan dana swadaya masyarakat yang terkumpul Rp 8.295.000.

Pelaksanaan kegiatan PNPM-MP dilakukan sejak akhir Agustus lalu dan ditarget berakhir pada

akhir Oktober mendatang. Sementara pembangunan talud tersebut kondisinya saat ini telah mencapai 55 persen.

“Dari hasil pembangunan talud ini diupayakan hasil volume yang telah ditentukan bisa bertambah dan dengan memperhatikan mutu bangunannya,” ujarnya, saat ditemui SR di lokasi proyek.mam®
Share this article :