Home » » Banyak Sekolah Dasar Kekurangan Guru PNS

Banyak Sekolah Dasar Kekurangan Guru PNS

Written By suara rakyat on Wednesday, September 4, 2013 | 12:43 PM

Bumiayu, (srtegal.com) -  Banyaknya guru PNS yang habis masa jabatan/pensiun, mengakibatkan sekolah dasar (SD) di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, mengalami kekurangan tenaga pendidik. Kondisi saat ini jumlah guru masih sangat terbatas tidak sesuai dengan kebutuhan. Sesuai data yang ada dan tercatat pada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) kecamatan, setidaknya dibutuhkan 250 guru PNS SD untuk di tempatkan di 53 SD Negeri dan 4 SD swasta.

Ketua PGRI Bumiayu, Rokhim SPd MPd mengatakan, setiap sekolah idealnya memiliki kebutuhan 10 guru PNS. Jumlah tersebut meliputi 6 guru kelas, 3 guru pelajaran olahraga, muatan lokal, dan olahraga serta satu guru menjabat kepala sekolah, namun rata-rata SD hanya ada 5 guru PNS saja. Minimnya guru PNS di sekolah tingkat dasar tersebut, mengakibatkan banyak sekolah yang mengandalkan pada guru tidak tetap (GTT) maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT). 

“Guru-guru non PNS tersebut sangat membantu kegiatan belajar mengajar di sekolah, terutama ketika ada guru PNS yang berhalangan hadir atau sakit,” kata Ketua PGRI Kecamatan Bumiayu, Rokhim SPd MPd, belum lama ini. 

Dia mengatakan, di Kecamatan Bumiayu saat ini terdapat 235 GTT dan PTT. Mereka tersebar di semua sekolah tingkat dasar. Akhirnya banyak sekolah dasar mengandalkan guru GTT dan PTT, mereka banyak membantu kekurangan tenaga pengajar di berbagai sekolah, dan pihaknya sedang berupaya memperjuangkan GTT dan PTT menjadi PNS. 

“Hal itu dilakukan selain kebutuhan sekolah, juga karena sudah lama menjadi aspirasi para guru non PNS,” ujarnya.

Sementara Ketua PGRI Kabupaten Brebes, Drs Tarsono mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan aspirasi pengangkatan seluruh GTT dan PTT di Kecamatan Bumiayu menjadi PNS kepada Bupati Brebes Idza Priyanti SE. 

“Jika pun belum bisa diangkat menjadi PNS, kata dia, sebaiknya Pemerintah Kabupaten Brebes memberikan dana insentif yang layak kepada GTT dan PTT,” pungkasnya. mam®

Share this article :