Home » » Enam Kecamatan Berpotensi Terkesan Di Anak Tirikan

Enam Kecamatan Berpotensi Terkesan Di Anak Tirikan

Written By suara rakyat on Wednesday, September 4, 2013 | 12:34 PM

Bumiayu, (srtegal.com) - Wilayah selatan di Kabupaten Brebes, yang terdiri dari enam kecamatan tersebut memiliki potensi untuk maju dan meningkatkan kesejahteraan penduduk. Namun sayangnya selama ini potensi tersebut kurang mendapat perhatian, bahkan terkesan dianaktirikan.

Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Kecamatan Salem, Drs Samsul Ma'arif mengatakan, potensi ekonomi yang besar dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak dapat berkembang, akibat kondisi infra struktur jalan yang kurang memadahi. Seperti Jalan provinsi di ruas Bumiayu-Salem yang merupakan satu-satunya akses warga rusak parah.

“Itu jalan penghubung utama bagi warga di Salem menuju Bumiayu, sekarang kondisinya sangat memprihatinkan dan selama ini terkesan tidak ada perhatian dari pemerintah setempat, untuk meningkatkan jalan supaya layak,” ujarnya, belum lama ini.

Dia mengatakan, Brebes bagian selatan merupakan daerah luar yang berbatasan dengan kabupaten lain dan juga Provinsi Jawa Barat, sudah semestinya menjadi perhatian, karena menjadi pintu masuk dan potret pembangunan di Jawa Tengah.

“Jalan provinsi di daerah lain selalu mulus dan bagus, sehingga perekonomian warganya baik, sementara Brebes selatan ini selalu amburadul,” ujarnya.

Aktivis LSM lainnya, Saolahudin Asro mengatakan, sebagai daerah terluar Brebes bagian selatan seperti dilupakan dalam pembangunan. Dari pantauan yang dilakukan infra struktur yang ada baik jalan provinsi maupun jalan nasional selalu rusak dan perbaikan yang dilakukan hanya tambal sulam.

“Sepertinya tidak ada keseriusan membangun di selatan ini,” tutur Solahudin.

Menurut dia, para wakil rakyat yang duduk di kursi legislatif tingkat Provinsi juga terkesan menutup mata dengan kondisi tersebut. Setiap tahun tidak ada penganggaran yang layak untuk peningkatan pembangunan di Brebes bagian selatan tersebut.

“Untuk melihat dan menyerap aspirasinya saja tidak terdengar,” tegasnya.

Warga Brebes bagian selatan sangat berharap pada Gubernur Jawa Tengah terpilih, Ganjar Pranowo untuk lebih memperhatikannya. Warga berharap ada perubahan dengan kepemimpinan Jawa Tengah yang benar-benar berpihak pada masyarakat pinggiran.

“Satu-satunya harapan pada gubernur tepilih dan benar-benar ada perhatian bukan sekedar slogan,” tandasnya.mam®
Share this article :