Home » » Lomba Kader Kesehatan, Pentingnya ASI Bagi Perkembangan Anak Di Usia 6 Bulan Pertama

Lomba Kader Kesehatan, Pentingnya ASI Bagi Perkembangan Anak Di Usia 6 Bulan Pertama

Written By suara rakyat on Saturday, October 12, 2013 | 5:41 PM

Brebes, (SR) - Lomba Kader Kesehatan Tingkat Kabupaten Brebes yang dilaksanakan Kamis (3/10) yang lalu, selain kategori Konseling, Lomba Kader Kesehatan juga diisi dengan kategori lomba Cerdas Cermat, Lomba Penyuluhan dan Lomba Penyuluhan melalui Musik Tematik.
Lomba diikuti kader kesehatan dari 20 desa yang merupakan perwakilan 10 puskesmas di wilayah Kabupaten Brebes yang telah dilatih tentang Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA).
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Sri Gunadi Parwoko, lomba bagi kader kesehatan yang telah dilatih PMBA baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Brebes yang merupakan perwujudan kerjasama dengan UNICEF.
“Harapan kita paling tidak ada 1 orang kader kesehatan per posyandu yang telah dilatih PMBA. Sehingga jumlahnya ada 1790 kader terlatih PMBA,” kata Sri Gunadi.
Sementara itu Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE menyambut baik lomba kader kesehatan. Menurut Bupati Idza, lomba kader kesehatan diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke posyandu. Tidak hanya itu, dengan semakin banyaknya kader kesehatan yang telah dilatih PMBA, Bupati Idza berharap derajat kesehatan di tengah masyarakat Kabupaten Brebes akan semakin baik.
Bupati Idza mengingatkan bahwa partisipasi masyarakat untuk menimbangkan anaknya ke Posyandu baru 69,27%, sehingga dibutuhkan peran kader untuk mau mengajak masyarakat datang ke Posyandu, dan mengingatkan potensi Posyandu di wilayah Kabupaten Brebes sangatlah besar untuk membantu meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat.
“Kita memiliki 1730 Posyandu yang tersebar di 297 desa di seluruh Kabupaten Brebes,” kata Bupati Idza.
Dengan potensi itu, lanjut Idza, diharapkan peran posyandu melalui para kader kesehatan akan bisa maksimal. Lomba Kader Kesehatan juga disaksikan oleh Koordinator Unicef, Bahrul Ulum, Wakil Bupati Brebes Narjo, Forkompimda Kabupaten Brebes serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Brebes.Tio®
Share this article :