Home » , » Gara-gara Kehabisan Stok Kantong Darah, Pendonor Kecewa

Gara-gara Kehabisan Stok Kantong Darah, Pendonor Kecewa

Written By suara rakyat on Friday, April 18, 2014 | 3:15 PM



Tegal, (srtegal.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tegal kehabisan stok kantong darah sehingga banyak pendonor batal untuk mendonorkan darahnya. Donor darah dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tegal ke-434 digelar di Pendopo Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal, Rabu (16/04) kemarin.

Seorang calon pendonor Nugroho (30) mengatakan, hendak mendonorkan darah yang dilaksanakan di pendopo oleh Pemkot Tegal, namun kembali lagi. Karena menurut panitia stok kantong untuk tempat darahnya habis. “Mungkin karena saya datangnya kesiangan, sehingga tidak kebagian kantong darah,” katanya.

Maksud tujuan untuk donor, menurut Nugroho, karena selain ingin mengetahui golongan darah juga mengecek tensi darah. Dia mengaku, baru pertama kali ingin mendonorkan darahnya. Sebelumnya telah mendapat informasi melalui media, bahwa dalam memperingati HUT Tegal ada rangkaian acara salah satunya donor darah tersebut. “Saya sedikit kecewa, karena tidak jadi donor darah,” tambahnya.

Seorang petugas donor darah, Kofie mengatakan, sebanyak 130 orang yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Namun berhasil terkumpul sebanyak 110 kantong. Sisanya 5 orang gagal karena tidak memenuhi persayaratan untuk mendonorkan darahnya serta 15 orang lainya batal karena kehabisan kantong darah. “Kami hanya berhasil membawa 110 kantong darah saja,” ungkap Kofie.

Sementara panitia dr Abdal Hakim Tohari Sp KFR MMR mengatakan, target untuk mendapatkan darah sebanyak-banyaknya dalam aksi donor darah ini. Menurut dia, biasanya kegiatan serupa di tahun-tahun sebelumnya rata-rata mendapatkan 80 kantong darah.

Dengan adanya peningkatan pendapatan darah pada kesempatan ini, sambung dia, karena panitia selain mengundang karyawan Pemkotl, juga mengundang pendonor dari instansi lain. Seperti TNI/Polri, BUMN, BUMD, Perbankan, Sekolah dan instansi lainnya.

“Donor dara dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB siang. Dalam pelaksanaannya cukup  ramai orang yang mau donor hingga mengantri. Bahkan Wali Kota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno pun ikut berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Adapun panitia telah berhasil mengumpulkan sebanyak 110 kantong darah. Dengan banyaknya darah yang terkumpul membuktikan animo pendonor untuk menolong sesama cukup tinggi. Tio(R) 

Share this article :