Home » , » Operasi Simpatik Candi, Polisi Tindak 673 Pengendara

Operasi Simpatik Candi, Polisi Tindak 673 Pengendara

Written By suara rakyat on Tuesday, May 27, 2014 | 5:34 PM

Tegal, (srtegal.com) - Selama sepekan pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2014 yang digelar jajaran Polres Tegal Kota, terhitung sejak Senin hingga Sabtu (19-24/5) telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 673 kali. Dengan rincian jumlah tindak teguran sebanyak 405 pengendara dan tilang mencapai 268 pengendara.
Kapolres Tegal Kota, AKBP Bharata Indrayana SIK melalui Kasatlantas AKP Agus Triono mengatakan, selama gelar operasi sepekan ini polisi telah berhasil menyita sedikitnya 112 SIM, 152 STNK  dan 4 (empat) kendaraan.
“Setelah kami data, profesi dan pekerjaan dari pelanggar didominasi karyawan/swasta, yaitu 183 orang, pelajar ada 58 orang dan PNS 15 orang. Sedang 12 orang berprofesi sebagai sopir dengan usia dibawah 17 tahun,” ujarnya, saat ditemui di kantornya, Senin (26/5) lalu.
Selain itu, lanjut Agus Triono, selama sepekan juga tercatat 3 (tiga) kasus kecelakan dengan korban meninggal dunia (MD)  satu orang dan luka ringan tiga orang dengan kerugian material mencapai Rp 10.800.000.
“Kasus kecelakaan terbanyak melibatkan sepeda motor. Sepekan ini ada tiga sepeda motor dan dua kendaraan barang (pick up). Satu kasus kecelakaan tunggal dan dua kasus kecelakanan menabrak dari belakang, diduga karena ngantuk/kelelahan,” ungkapnya.
Sementara Dikyasa Polres Tegal Kota, Aiptu Muliastra menambahkan, untuk kegiatan lainnya, seperti preventif berupa giat dikmas lantas. Yaitu,  penerangan dan penyuluhan baik melalui media dan lainnya. Selain itu petugas melakukan penyebaran dan pemasangan spanduk, stiker dan leaflet di tempat atau titik-titik rawan kecelakaan sebanyak 145.
Selain itu, tambah Muliastra, melalui program nasional keamanan lalu lintas, seperti Polisi Sahabat Anak (Polsanak), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sebanyak 64 kegiatan.
“Untuk program keselamatan lalu lintas berupa giat safety riding maupun melalui kampanye keselamatan dan forum lalu lintas dan angkutan jalan sebanyak 280, dan melaksanakan giat turjawali sebanyak 600 giat,” pungkasnya. Dn(R)
Share this article :