Home » , » Pengumuman UN, Dinas dan Polres Antisipasi Konvoi

Pengumuman UN, Dinas dan Polres Antisipasi Konvoi

Written By suara rakyat on Tuesday, May 20, 2014 | 10:37 PM

Tegal, (srtegal.com) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tegal guna mengantisipasi adanya konvoi, corat-coret seragam sekolah dan lainnya, jauh sebelumnya telah melayangkan surat imbauan kepada seluruh SMA/SMK di Kota Tegal. Selain itu, Disdik juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna mengamankan dalam pengumuman kelulusan di sekolah-sekolah. Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tegal, Johardi saat ditemui, Senin (19/5) kemarin.
“Kami melarang keras adanya konvoi dan coret-coret seragam. Oleh sebab itu, rencana dalam pengumuman kelulusan, pihak orang tua murid akan mendampingi anaknya tersebut. Hal itu supaya kegiatan yang negatif tersebut tidak terjadi,” katanya.
Selain itu, lanjut Johardi, jika kedapatan ada yang melanggar dan terjadi pada jam luar sekolah, maka kalaupun terjadi sesuatu mereka bakal tanggung sendiri. Namun bukan semena-mena dinas lepas tanggung jawab. Dinas sebelumnya akan melihat bentuk kesalahannya dulu, jika itu merupakan kesalahan wajar maka bakal dibantu, namun jika di luar kewajaran mereka tanggung sendiri akibatnya.
“Jikapun ada sekolah yang melakukan konvoi namun dari daerah lain masuk ke wilayah Kota Tegal, maka kami bakal menghentikannya dan menyuruhnya pulang. Semoga dari dinas pendidikan lainnyapun juga sudah menghimbau terhadap masing-masing sekolahnya,” harapnya.
Sementara Kepala Bagian Pendidikan Menengah Disdik Kota Tegal, Sudoro mengatakan, untuk pengumuman kelulusan akan dilaksanakan, Selasa (20/5) sore pukul 15.00 WIB. Menurutnya, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya konvoi pada anak sekolah yang lulus dan merayakannya, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.
“Pengumuman dilaksanakan sore hari itu berlaku bagi seluruh SMA/SMK se Provinsi Jawa Tengah. Agar jalannya pengumuman dan pasca pengumuman tidak adaya siswa yang ugal-ugalan,” terangnya.
Sementara Wakapolres Tegal Kota, Kompol Valent Asmoro SIK mengaku, sudah menerima surat imbauan dari dinas pendidikan tentang pengumuman kelulusan sekolah menengah atas tersebut. Menurut Valent, imbauan itu sudah lama diterimanya, bahkan pihak kepolisian sudah melakukan atau membantu pengamanan sejak jelang hingga berakhirnya ujian sebelumnya.
“Dalam pengumuman kelulusan, kami tetap akan melakukan pengamanan pada masing-masing sekolah, seperti halnya saat dilakukan ujian kemarin. Kami juga sudah mengantongi imbauan dari disdik untuk mengamankan jika adanya anak-anak sekolah yang konvoi di jalanan umum,” ujarnya.
Valent menambahkan, kebetulan juga pengumuman kelulusan hanya selang satu hari dengan kegiatan Gelar Operasi Candi 2014 yang digelar Polres Tegal Kota selama 21 hari ke depan. “Kami akan menindak tegas para pelajar yang melakukan konvoi tersebut,” pungkasnya. Tio(R)
Share this article :