Home » , » F MARGAL Gelar Baksos, Bagi Ratusan Sembako dan Tajil

F MARGAL Gelar Baksos, Bagi Ratusan Sembako dan Tajil

Written By suara rakyat on Saturday, July 19, 2014 | 5:05 PM

Tegal, (srtegal.com) – Seratusan paket sembako dan tajil dibagikan ke warga kurang mampu yang ada di sekitar Kota Tegal. Hal itu dilakukan dalam bakti sosial (Baksos) yang digelar Forum Masyarakat Gerak Tegal (F MARGAL), Jumat (18/7) sore, kemarin di dua lokasi, yakni di Jalan Kapten Soedibyo (sebelah barat Pasifik mall) dan di Jalan AR Hakim (depan BCA) Kota Tegal.
Ketua F MARGAL, Wisnu Nugroho (30) mengatakan, baksos dengan membagikan seratus paket sembako dan seratus bungkus tajil untuk berbuka puasa tersebut, merupakan kegiatan sosial yang jauh sebelumnya sudah diagendakan. Sedang tujuannya yaitu, untuk saling berbagi terhadap sesama, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.
“Target kami adalah para pekerja sapu jalanan dan tukang becak juga masyarakat yang kurang mampu di Kota Tegal. Sebelumnya, kami juga membagikan sebagian paket sembako kepada para janda dan anak yatim di empat wilayah, yakni di Kecamatan Tegal Barat sebanyak 10 paket sembako, Tegal Timur 10 paket, Tegal Selatan 10 paket dan Margadana juga 10 paket sembako,” ujar Wisnu, saat ditemui di sela-sela kegiatan.
Sedang F MARGAL, lanjut Wisnu, merupakan forum yang baru terbentuk di Kota Tegal ini. Namun meski cenderung baru Forum Masyarakat Gerak Tegal yang bermarkas di Jalan H Abdul Ghoni, RT 03 RW 2 Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat ini, memiliki anggota yang lumayan banyak, yakni sekitar dua ratusan anggota yang tergabung dari empat kecamatan.
“Kami sengaja merekrut anggota di empat kecamatan tersebut, karena kebetulan Kota Tegal memiliki empat kecamatan. Namun kami tidak sembarangan dalam melakukan rekrutmen anggota, karena forum ini dibentuk untuk kegiatan sosial, maka kami merekrut mereka yang memiliki jiwa sosial tinggi dan juga mau berkorban bagi sesamanya,” katanya.
Wisnu menambahkan, baksos dengan membagikan paket sembako dan tajil tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, dalam hal ini khususnya masyarakat yang kurang mampu dan memang layak untuk dibantu.
“Semoga apa yang sudah kami lakukan ini bermanfaat. Apalagi inikan bulan ramadhan yang merupakan bulan penuh berkah, kita harus banyak bersedekah terhadap orang yang tidak mampu. Memang ini merupakan kegiatan baksos perdana bagi forum kami, dan semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan dalam kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” ungkapnya.
Sementara itu, seorang tukang sapu jalanan, Sudarsih (58) mengaku senang mendapat paket sembako yang dibagikan F MARGAL. Menurutnya, paket sembako tersebut sangat bermanfaat untuk kebutuhan di rumahnya.
“Saya sangat senang karena mendapat paket sembako ini. Akan saya gunakan untuk sahur nanti malam bersama keluarga di rumah. Kebetulan sekali kebutuhan seperti beras dan minyak sayur di rumah sudah habis, jadi tidak perlu membelinya lagi,” ungkapnya seraya bersyukur.
Terpisah, tukang becak asal Kelurahan Debong Kulon, Kardiman (54) mengaku kaget dan bangga melihat segerombolan pemuda berpakaian hitam-hitam, namun ternyata memiliki jiwa sosial yang tinggi.
“Sebelumnya saya kaget, karena laju becak saya sempat dihentikan mereka. Namun rasa kaget saya berubah menjadi bangga, ternyata becak saya dihentikan karena hendak diberi paket sembako dan sebungkus tajil untuk berbuka puasa. Ternyata gerombolan pemuda tersebut sedang membagikan paket sembako dan tajil kepada masyarakat, termasuk saya juga dapat,” ungkapnya.(herdi)        
Share this article :