Home » » Jalur Evakuasi Pengungsi Gunung Slamet Segera Diperbaiki

Jalur Evakuasi Pengungsi Gunung Slamet Segera Diperbaiki

Written By suararakyat on Sunday, September 14, 2014 | 6:46 PM

Brebes, (srtegal.com) -  Seiring meningkatnya aktifitas gunung Slamet akhir-akhir ini, membuat warga sekitar gunung mulai cemas. Kecemasan yang sama juga dirasakan relawan maupun tim evakuasi mengingat jalur evakuasi di Desa Dawuhan menuju posko masih banyak yang rusak terlebih medan yang sempit dan di beberapa titik sangat rawan.
Bupati Brebes beserta SKPD terkait, kemarin mengikuti rapat kesiapsiagaan erupsi gunung Slamet bersama Kalahar BPBD Provinsi Jawa Tengah di Posko Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Sabtu (13/9) kemarin.
Dalam paparannya, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Cahyadi Imam Suhada menintikberatkan pada jalur evakuasi yang cukup curam dan sempit di beberapa titik dan kondisi jalan dari posko yang terdekat dengan puncak gunung Slamet ke posko Dawuhan kondisinya cukup rusak sehingga akan menyulitkan proses evakuasi bila terjadi erupsi.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Dandim  0712/Tegal Letkol Inf Jefson Marisano Simanjuntak, di Dukuh Sawangan Desa Sawangan Kabupaten Tegal sekitar 2.500 jiwa yang harus diungsikan ketika terjadi erupsi dan jalur yang bisa dilalui adalah ruas jalan Dawuhan sampai Dukuh Sawangan. Sehingga titik kritis akan akan terjadi di jalur yang sempit, dan rusak ini.
Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE segera menindaklanjuti masukan dalam koordinasi ini dan sesegera mungkin untuk dilakukan perbaikan jalur evakuasi. “Sebenarnya perbaikan jalan yang menjadi jalur evakuasi ini sudah ada pemenang lelangnya, tinggal dikerjakan saja. Tapi melihat kondisi gunung Slamet yang sangat aktif ini malah dikhawatirkan akan mengganggu proses evakuasi bila terjadi erupsi karena di beberapa titik akan dilakukan cor beton. Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan pemdatan sehingga akan memperlancar evakuasi”, papar Bupati Idza.
Selain itu juga pihaknya akan berkoordinasi dengan Perhutani mengenai penggunaan sebagian lahanya untuk persimpangan jalan sementara mengingat jalan yang ada hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan jenis pickup saja.
Sementara itu, Kalahar BPBD Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Permana akan mendukung penuh upaya yang dilakukan Pemkab Brebes dalam menanggulangi erupsi gunung Slamet ini. “BPBD Provinsi Jawa Tengah akan segera melapor kepada Gubernur Ganjar Pranowo terkait perbaikan jalur evakuasi ini, karena masuk jalan provinsi”, katanya.(Mam)

Share this article :