Home » » Qasidah Dan Hadroh Siap Jadi Agenda Pemkab Tegal

Qasidah Dan Hadroh Siap Jadi Agenda Pemkab Tegal

Written By suara rakyat on Tuesday, May 12, 2015 | 11:00 PM

Slawi, (srtegal.com) - Forum Komunikasi Masyarakat Galawi ( F-KMG) bekerjasama Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar festival qasidah dan hadroh. Festival yang dibuka oleh wakil bupati Tegal Dra Hj. Umi Azizah berlangsung di pendopo Amangkurat  diikuti 87 group rebana.Sabtu (9/5).
Pemenang disamping mendapat uang pembinaan juga memperoleh piala bupati Tegal.
Ketua penyelenggara Diana Wati ditengah pelaksanaan festival pada wartawan mengisahkan  tahun 1994, atau  20 tahun yang lalu, pernah juga digelar festival yang sama,dengan jumlah peserta mencapai 100  group. Banyaknya group peserta terjadi karena saat itu tengah mempromosikan group qasidah modern.
Menyikapi keprihatinan tersebut Forum Komunikasi Masyarakat Tegal Slawi (Galawi)  bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal mengangkat kembali budaya lokal dengan momentum kebersamaan antara masyarakat desa dan pemerintah daerah yang digalang dalam rangkaian perayaan hari jadi ke 414 Kabupaten Tegal. Dengan peserta   87 group. Festival qasidah dan hadroh yang digelar kali ini menjadi festival terbesar sepanjang 20  tahun silam yakni tahun 1994 dengan jumlah peserta mencapai 100 group saat itu.
Lebih lanjut Diana Wati mengatakan transformasi budaya pop dengan kemajuan teknologi informasi ternyata tidak mampu menggerus dedikasi masyarakat desa dan kelompok - kelompok jam'iah dalam menjaga dan mempertahankan budaya musik realigi. Apalagi  musik sangat berpengaruh dalam membentuk mental dan karakter masyarakat secara individu maupun secara umum.
Berangkat dari ketertarikan dan membaca gejala yang terjadi ditengah masyarakat, setiap hari terdengar sayup musik qasidah ditiap desa dan kampung sebagai kantong  habitat terbesar masyarakat Kabupaten Tegal. Sehingga F-KMG tergerak untuk mengangkatnya kembali kepermukaan, ” syukur alhamdulillah  pemerintah daerah pun memberikan tanggapan yang baik sehingga terselenggaralah  festival qasidah dan hadroh kali ini ’’ kata Diana Wati.
Lebih lanjut Diana Wati berharap besar agar  festival qasidah ini harus menjadi momentum kesatuan masyarakat sehingga ada  sinergi antara masyarakat dengan pemerintah sebagai penyelenggara hajat hidup orang banyak. Dijelaskannya kepanitiaan festival rebana dan hadroh ini dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal yang digawangi Ibu Susprianti.
Dalam kesempatan ini bupati dan wakil bupati juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi - tingginya kepada semua  pihak yang telah membantu terselenggaranya gelaran festival qasidah dan hadroh dalam rangka rangkaian perayaan Hari Jadi Ke 414 Kabupaten Tegal  tahun 2015, ” besar harapan kami agar menjadi agenda tetap tahunan oleh pemerintah daerah ” Tambahnya. Cahyo (R)

Share this article :