Home » , » Bupati Brebes Cek Kesiapan Jalur Alternatif Pemudik

Bupati Brebes Cek Kesiapan Jalur Alternatif Pemudik

Written By suara rakyat on Monday, June 29, 2015 | 3:43 AM

Brebes, (suararakyattegal.com)  – Kabupaten Brebes merupakan pintu gerbang masuknya arus mudik ke wilayah Jawa Tengah dan daerah lainnya, maka harus menyiapkan jalur alternatif mudik untuk menghindari kemacetan parah di jalur utama arus mudik.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE terus melakukan pemantauan perbaikan di jalan kabupaten yang akan dijadikan jalur alternatif. Semenjak beberapa hari lalu, bersama DPU Taru Kabupaten Brebes bupati menyusuri jalan alternatif yang merupakan tanggungjawab Pemkab Brebes yang tengah diperbaiki.
Persiapan jalur alternatif saat arus mudik sangat penting, karena diperkirakan arus mudik tahun 2015 ini, titik kemacetan akan bertumpu di wilayah Kabupaten Brebes setelah dioperasikannya jalan tol Cikapali yang menghubungkan Cikampek hingga Palimanan dan disambung sampai tol Pejagan, Brebes.
“Pemkab Brebes punya tanggungjawab untuk memperbaiki jalan kabupaten, sebab akan dilalui sebagai jalur alternatif pemudik dan juga jalan penghubung antar desa dan kecamatan. Oleh sebab itu seluruh jalan di Kabupaten Brebes harus mulus, apalagi saudara-saudara kita yang di perantauan akan pulang kampung” kata Bupati Idza disela-sela pantauan jalan kabupaten di Bojongsari, Losari, Minggu (28/6) kemarin.
Setelah menyusuri jalur alternatif di wilayah Pebatan, Pesantunan hingga Sawojajar, keesokan harinya menyusuri jalur alternatif Pebatan – Rengaspendawa yang beberapa titik masih rusak karena dilalui kendaraan proyek tol. Bupati juga memantau ruas jalan Bulakelor Kecamatan Bulakamba, Ruas Bulakelor Kecamatan Ketanggungan, Ruas Losari – Bojongsari, Ruas Bantarsari – Cikakak, Ruas Cikakak – Banjarharjo dan ruas lainnya yang dimungkinkan menjadi jalur alternatif arus mudik tahun ini. Dibeberapa titik dipastikan akan selesai diperbaiki sebelum lebaran nanti dan siap dilalui pemudik, Ujar Idza.
Sementara itu, perbaikan yang dilakukan di jalur alternatif  yang masuk tanggungjawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupa pelapisan aspal baru di jalan-jalan yang berlubang dan bergelombang. Peningkatan struktur jalan dari aspal menjadi beton juga masih dikebut pengerjaannya yang berada di jalur alternatif wilayah Kecamatan Ketanggungan dan Larangan. Jalan di dua kecamatan itu menghubungkan Brebes dengan Purwokerto selepas pintu keluar tol Pejagan. Tio (R)


Share this article :