Home » , » Bupati Himbau PNS Pakai Batu Akik Brebesan

Bupati Himbau PNS Pakai Batu Akik Brebesan

Written By suara rakyat on Wednesday, June 3, 2015 | 9:08 PM

Brebes, (srtegal.com) - Booming batu akik tidak reda, bahkan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE meskipun agak terlambat menghimbau kepada jajaran PNS dan BUMD di lingkungan Kabupaten Brebes untuk memakai batu akik sebagai asesoris sehari-hari.  Himbauan Bupati dituangkan dalam surat resmi nomor 510/01175 tertanggal 27 Mei 2015.
“Kami himbau kepada jajaran PNS, BUMD dilingkungan Pemkab Brebes dan masyarakat Brebes untuk memakai atau menggunakan batu akik lokal Brebes sebagai asesoris sehari-hari,” kata Idza Priyanti. Belum lama ini.
“Pemakaian batu akik bisa mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif pelaku UMKM, pariswisata dan sector riil di Kabupaten Brebes. Di samping itu, mampu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam”, Tambahnya. 
Adapun batu akik lokal Brebesan yang dimaksud adalah batu akik Kumbang Larang dari Larangan, batu akik Jalawastu dari Ciseureuh Ketanggungan, batu akik Maribaya dari Kalijurang dan Galuh Timur Tonjong, batu akik Bawang Merah sebagaimana yang terdapat di daerah Salem dan Bantarkawung. “Jangan terpaku pada mahalnya harga, tetapi nilai estetika yang perlu dikedepankan dan pertumbuhan UMKM,” Jelasnya.
Idza meyakini batu akik lokal Brebes menjadi kebanggaan bagi masyarakatnya. Sehingga harus terus di dorong pemasaran dan pemakaiannya di seluruh kalangan masyarakat. 
Pemakaian batu akik juga karena dorongan untuk menghilangkan kendala pemasaran bagi pelaku UMKM. “Siapa lagi yang memasarkan batu-batu local Brebesan, kalau bukan kita,” tandas Bupati.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Brebes Sutejo SE menyambut baik himbauan batu akik. Pasalnya bisa menggeliatkan pertumbuhan pelaku UMKM khususnya batu akik di berbagai daerah. Dirinya juga mengaku telah memfasilitasi berbagai kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pameran batu akik sebagai ladang promosi. “Ada space khusus untuk batu akik brebes saat pameran di daerah, Jakarta maupun daerah lain. Tio (R)
Share this article :