Home » , » Lokalisasi Karanggondang Resmi Di Tutup

Lokalisasi Karanggondang Resmi Di Tutup

Written By suara rakyat on Tuesday, June 9, 2015 | 11:30 PM

Slawi, (srtegal.com) - Pemerintah Kabupaten Tegal resmi menutup kawasan lokalisasi prostitusi Karanggondang yang berlokasi di Dukuh Karang Mulya Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu. Rabu (3/6) kemarin.
Peresmian Penutupan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah dan dibantu tim gabungan dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP Kabupaten Tegal, Dinsosnakertrans dan Banser Ansor NU.
Adapun penutupan lokalisasi prostitusi Karanggondang yang sudah puluhan tahun beroperasi itu, ditandai dengan pembacaan Deklarasi oleh Perwakilan Penghuni Lokalisasi Karanggondang dihadapan Wakil Bupati Tegal dan Tim Gabungan.
Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengatakan, keberadaan lokalisasi Karanggondang selama ini merupakan praktik ilegal. Oleh karena itu, sesuai dengan kebijakan Pemda yang mendeklarasikan Kabupaten Tegal bebas prostitusi, mulai Rabu (3/6/2015) lokalisasi kampung Karanggondang resmi ditutup. 
"Hari Rabu (3/6) ini, Pemkab Tegal secara resmi menutup lokalisasi Karanggondang dan tidak boleh beroperasi kembali," Tegasnya.
Menurut Umi, selama ini Pemkab tidak pernah memberikan atau mengeluarkan izin lokasi untuk lokalisasi Prostitusi. Tambahnya
"Semua PSK yang sudah terdata, mulai hari ini juga akan diberikan uang kompensasi sebesar Rp 1,8 juta per orang. Untuk PSK yang bukan warga Tegal bisa berkemas dan langsung pulang hari ini juga setelah menerima uang kompensasi," paparnya.
Selain uang kompensasi, para PSK juga menerima bantuan berupa peralatan pelatihan kerja seperti mesin jahit, dan peralatan Masak berupa panci, kompor gas, tabung gas, mixer, oven, dan penggorengan. Sedangkan untuk para mucikari, Umi menyebut akan diberikan pelatihan kerja oleh Dinsosnakertrans.
Setelah memberikan pengarahan kepada para PSK dan Mucikari di balai desa setempat, wakil bupati didampingi tim gabungan menuju ke lokalisasi untuk memasang spanduk yang bertuliskan "Deklarasi Penutupan Prostitusi Karang Gondang Dukuh Karang Mulya Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu.
Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans, Drs Eko Jati Suntoro MSi mengatakan, upaya penutupan lokalisasi karanggondang telah melalui proses dan tahapan yang cukup lama. Menurut Eko, Indonesia saat ini sedang dalam darurat terkait maraknya prostitusi. Cahyo(R)



Share this article :