Home » » Pemkot Tegal Beserta Lanal Peduli Kebersihan Pelabuhan

Pemkot Tegal Beserta Lanal Peduli Kebersihan Pelabuhan

Written By suara rakyat on Wednesday, June 17, 2015 | 2:48 AM

Tegal, (srtegal.com) – Ratusan personel Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tegal bersama petugas kebersihan Dinas Permukiman dan Tata Kota (Diskimtaru) Kota Tegal membersihkan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari Jongor, Selasa (16/6) pagi.

Hasilnya PPP Tegalsari yang sebelumnya kumuh dan kotor, kini terlihat lebih bersih dan indah. Sampah-sampah plastik menumpuk di selokan dan jalan serta rerumputan yang mengotori PPP Tegalsari telah hilang.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Apel Bersih Pantai di Lapangan samping Kantor PPP Tegalsari yang diprakarsai Lanal Tegal dan Pemkot Tegal serta komponen lainnya seperti pramuka, PNKT dan jajaran SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Dalam Apel tersebut, Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sebelum pelaksanaan bersih pantai, walikota menyerahkan alat kerja dari dua orang prajurit Lanal kepada satu prajurit lanal dan anggota Linmas. Kemudian diteruskan dengan
penanaman pohon sawo kecil oleh Walikota dan anggota Forkopinda di lokasi Apel.

Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Sirilius Arif Susbintoro mengatakan, kegiatan bersih pantai tidak bisa dilaksanakan secara terus menerus apabila tidak didukung dari masyarakat nelayan sendiri.

“Kita memotivasi mereka sehingga mereka menjaga lingkungan masing-masing, dengan mereka bekerja disini, mau melaksanakan kegiatan rutin mencari ikan dan membongkar serta menjualnya dengan lingkungan yang bersih mereka akan merasa lebih enak, masyarakat yang akan datang kesini khususnya investor akan lebih nyaman lagi,” ungkapnya.

Walikota Tegal memberi apresiasi terhadap prakarsa yang baik sekali dari Danlanal Tegal yang peduli terhadap kebersihan PPP Tegalsari sebagai pelabuhan ikan yang harus dijaga kebersihannya. Untuk itu, dengan kegiatan ini walikota meminta kerjasama Lanal Tegal dan Pemkot Tegal dapat berjalan secara kontinyu yang diaplikasikan dalam Program
Sabtu Bersih.

“Kebersamaan ini adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang bersih ini juga ada benang merah dengan kegiatan Sabtu Bersih yang selalu dilaksanakan Pemerintah Kota Tegal. Agar berjalan  secara kontinyu akan ada kerja sama yang akan dijadwalkan pada salah satu kegiatan Sabtu Bersih. 

Kita semua turun untuk  membersihkan PPP Jongor karena ini adalah lingkungan yang harus dipelihara, sebagai tempat kegiatan, usaha dan tempat tingggal. Kalau lingkungan dalam keadaan tidak nyaman tentu akan mempengaruhi produktivitas. Kegiatan ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial belaka tetapi akan dijadwalkan untuk pembersihan di lingkungan PPP Jongor dan kita kembalikan Kota Tegal menjadi Kota Bahari,” ungkap orang nomor satu di Kota Tegal tersebut.

Disebutkan walikota, dalam kegiatan bersih pantai Pemkot menyiapkan fasilitas terhadap penghijauan dan sarana untuk mengangkut sampah dan lain sebagainya. Ada 50 pohon sawo kecil yang ditanam disekitar PPP Tegalsari yang berasal dari Kantor Lingkungan Hidup Kota Tegal. Sementara Diskimtaru mengerahkan dua truck pengangkut sampah dan 30 personel kebersihan.Tio(R)

Share this article :