Home » » Pemuda NU Tegal Dukung Sistem Ahlul Halli Wal Aqdi

Pemuda NU Tegal Dukung Sistem Ahlul Halli Wal Aqdi

Written By suara rakyat on Monday, June 29, 2015 | 3:02 AM

Tegal, (suararakyattegal.com)  –  Kaum Muda Nadlatul ulama (NU) Tegal dan sekitarnya yang tergabung dalam jaringan pemuda Nadlatul Ulama Tegal raya mendukung dan siap mengawal sistem pemilihan Ahlul Halli Wal Aqdi pada Muktamar NU ke 33 di Jombang Jawa Timur mendatang. Dukungan tersebut dideklarasikan saat menggelar buka puasa bersama jajaranpengurus pemuda NU, Sabtu (27/6) petang kemarin.
Ketua Dewan Presidium Kaum Muda NU Tegal Raya, Didi Permana didampingi Imam Haromain mengatakan, sistem ahlul halli wa aqdi sangat tepat digunnakan saat pemilihan rois syuriah. Sebab, NU sebagai organisasi keagamaan tersbesar di Indonesia sangat menarik kelompok-kelompok lain di luar NU untuk memanfaatkannya.
“Saat ini NU, sangat menarik untuk ditarik oleh kelompok lain  yang ingin memanfaatkan NU. Ini alasan kami mendukung sistem Ahlul Halli Wa Aqdi untuk pemilihan ketua Rois Syuriah NU,” katanya.
Menurutnya, dukungan kaum muda NU Tegal Raya ke sistem Ahlul Halli Wa Aqdi didasarkan pada pertimbangan yang lebih baik demi kebaikan jamiah NU saat ini dan ke depannya. Pertimbangan itu, antara lain, untuk menghindari kesan mengadu domba antar ulama, menghindari kampanye hitam para pendukung, menghidari politik uang dan menjaga marwah ulama dan kedaulatan rois syuriah.
“Ini pertimbangan kami mendukung sistem ahlul halli wal aqdi,” tandas Ketua Ansor Kabupaten Tegal ini.
Didi mengatakan, sistem ahlul halli wal aqdi bukanlah sistem baru dalam muktamar NU. Bahkan sejak NU lahir sistem ini telah dipakai atau digunakan saat muktamar dilaksanakan. “Jadi ini bukan barang baru, tahun 1926 sampai 1984 sistem dilaksanakan saat muktamar digelar,” ungkap Didi.
Didi menambahkan, jaringan muda NU Tegal Raya, tidak mempersoalkan sistem pemilihan ketua Tanfidiyah menggunakan suara muktamirin, hanya saja khusus penentuan rois syuriah kami menghendaki dan mendorong menggunakan sistem ahlul halli wl aqdi.
“Keinginan ini tujuannya agar rois syuriah terbebas dari kepentingan yang mungkin mengganggu NU. Makanya kami mendukung penentuan rois syuriah dilakukan oleh tim 9 yang di dalamnnya disisi para kiyai yang diusulkan para muktamirin seluruh Indonesia,” tandasnya. Tio(R)

Share this article :