Home » » Perlunya Anggaran Kusus Bagi Sekolah Unggulan

Perlunya Anggaran Kusus Bagi Sekolah Unggulan

Written By suara rakyat on Friday, June 5, 2015 | 1:09 PM

Brebes, (srtegal.com) - Pendidikan yang berkualitas dan bermutu adalah syarat terbentuknya Sumber Daya Manusia [SDM] yang mampu menjawab tantangan dalam persaingan di era globalisai, dalam menjawab dan menyiapkan generasi-generasi handal untuk Indonesia kedepan, atau menginjak Negara Indonesia 100 tahun, optimalisasi perlu di lakukan mulai dari pendidikan dasar, karena pada saat itu, generasi tersebut merupakan generasi memegang kendali kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sekolah Dasar merupakan jenjang yang cukup fundamental untuk membentuk generasi unggul, ajang kreativitas melalui kegiatan ekstakurikuler dan tanpa meninggalkan bidang akademik merangsang anak untuk berfikir cerdas dinamis dan berkompetensi.
SD Negeri 02 Jatibarang Brebes, yang saat ini menjadi sekolah unggulan dan sarat prestasi, adalah salah satu SD yang mampu memberikan pendidikan bermutu bagi siswanya, tak ayal piala bergilir juara umum berturut-turut mampu di torehkan, bahkan sebagai sekolah unggulan, SD N 02 Jalor Brebes bertekad tetap akan mempertahankan sebagai predikat juara umum berturut turut.
Hawindar Sulami Kepala Sekolah SDN 02 Jatibarang Brebes menyampaikan bahwa ”predikat sekolah unggulan tidak lepas dari peran para guru yang berkomitmen untuk mendedikasikan diri dalam memberikan pelajaran yang berkualitas dan menciptakan siswa yang cerdas dan berkompetensi”terangnya. Senin (1/6). Bahkan tidak jarang, guru harus meluangkan waktu ekstra dalam mendidik, hanya untuk menciptakan siswa yang unggul. Tambahnya
“Lingkungan, peran serta masyarakat, komite dan dewan pendidikan juga berperan penting dalam pembentukan suatu pendidikan yang bermutu” bebernya.
“Pembentukan suatu pendidikan yang bermutu, tidak lepas dari terserapnya anggaran, untuk menjadikan siswa yang berprestasi dan unggul di perlukan  pembimbing, mulai dari les akademik maupun non akademik dan itu membutuhkan anggaran ekstra, sedangkan sebagai sekolah yang menyandang sekolah unggulan, secara tidak langsung kami harus mempertahankan predikat”.terang Kepala SDN Jalor 2 di ruang kerjanya.
Sayangnya anggaran yang di gelontorkan melalui Bantuan Operasional Sekolah [BOS] belum di rasa cukup untuk membantu kegiatan operasional sekolah, saat ini baik sekolah berprestasi maupun tidak, telah menerima dana BOS berdasarkan jumlah siswa. 
Hawindar Sulami menilai,” sebagai sekolah yang menyandang predikat sekolah unggulan, mestinya ada anggaran lain selain dana BOS, karena menurutnya dana BOS yang di terima satuan pendidikan dari sekolah berpredikat maupun tidak itu sama, sedangkan dana BOS yang di terima SDN 02 Jatibarang Brebes dengan banyaknya pengeluaran untuk mempertahankan suatu predikat Sekolah unggulan, harus pintar-pintar mengelola anggaran”.Pungkasnya.
Dirinya berharap, sekolah yang menyandang predikat sekolah unggulan, dengan banyaknya prestasi, bisa mendapatkan  anggaran khusus, hal itu erat kaitanya dengan banyaknya anggaran yang harus di keluarkan untuk  mempertahankan dan meningkatkan suatu pendidikan yang unggul dan bermutu, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih untuk pembentukan karakter bangsa yang berdaya saing tinggi guna pembangunan Indonesia kedepan.Roni (R) 

Share this article :