Home » , » Warga Kecewa, Pembangunan Saluran Tak Kunjung Rampung

Warga Kecewa, Pembangunan Saluran Tak Kunjung Rampung

Written By suara rakyat on Tuesday, June 16, 2015 | 2:36 AM

Tegal, (srtegal.com) – Proyek pembangunan saluran Jalan Kemuning, RT06 RW III Kelurahan Kejambon, Kecamatan Tegal Timur yang dikerjakan CV Inayah Tegal, hampir dua bulan lamanya tak kunjung rampung sehingga membuat warga kecewa.
Nas (40) merupakan warga setempat mengatakan, pekerjaan pembangunan saluran tersebut yang memakan anggaran Rp 108. 959.400 memang mulai dikerjakan 29 April dan rencana selesai hingga 26 Agustus mendatang. Hal tersebut sesuai di papan proyek yang terpampang, namun pegerjaannya dinilai lamban dan mengganggu aktivitas warga sehingga
warga merasa kecewa.
“Saya heran, padahal proyek itu dikerjakan sejak bulan April lalu, namun hingga kini belum selesai juga. Kami kecewa dengan pelaksana yang mengerjakan proyek tersebut. Karena selain lamban juga sangat mengganggu akses warga untuk aktivitas sehari-hari. Kami dan warga sini merasa terganggu, karena jalan atau gang yang biasa setiap hari dilewati  sedang dibangun saluran di tengahnya,” ujarnya, saat ditemui wartawan suararakyattegal.com di lokasi proyek depan rumahnya, Minggu (14/6) kemarin.
Selain itu, menurut Nas, dengan adanya proyek itu rumahnya sering kotor karena banyaknya debu yang berterbangan dari hasil galian tanah yang mengering dan dibiarkan berserakan. Hal lain yang menjadikan warga tambah kecewa, dalam pengerjaan proyek tersebut pihak rekanan/pemborong dalam menggunakan tenaga kerjanya sangat sedikit.
“Biasanya saya atau istri membersihkan/menyapu rumah pagi dan sore saja. Namun dengan adanya proyek ini hampir setiap jam kami menyapu lantai depan rumah. Sementara bagaimana proyek itu cepat selesai, pekerjanya saja sedikit. Saya pernah menjumpai bahwa pekerjanya lebih kurangnya hanya enam orang,” jelasnya.
Sementara Ny Amin Munawir yang merupakan istri RT setempat mengaku, jauh sebelumnya suaminya sudah melakukan sosialisasi terhadap warganya. Bahwa dalam waktu dekat akan ada proyek atau pekerjaan pembangunan saluran di lingkungan sekitarnya. Sedang pekerjaan pembangunan saluran tersebut dibangun di tengah-tengah jalan atau gang yang merupakan akses jalan untuk dilewati oleh warga setiap harinya.
“Suami saya sudah memberikan informasi bolak-balik kepada warga khususnya RT sini, selain dengan warga juga sering rembugan/koordinasi dengan tokoh masyarakat setempat terkait akan adanya pembangunan saluran di lingkungannya,” katanya.
Ny Amin menambahkan, bahwa maksud tujuan dibangunnya saluran di lingkungannya tersebut adalah untuk pembuangan air hujan. Hal itu menurutnya, hampr setiap musim hujan di lingkungannya sering tergenang air karena tidak adanya saluran air.
“Yang saya tahu, bahwa saluran tersebut fungsinya hanya untuk pembuangan air yang sering menggenang di lingkungannya ke sungai, bukan untuk pembuangan air limbah dari masing-masing rumah. Dalam arti bukan buat membuang air limbah rumah tangga melalui saluran tersebut,” pungkasnya.(tio/dn)

Share this article :