Home » , » Polantas Polres Tegal Kota Siap Hadapi Arus Mudik

Polantas Polres Tegal Kota Siap Hadapi Arus Mudik

Written By suara rakyat on Saturday, July 4, 2015 | 3:24 PM

Tegal, (suararakyattegal.com) – Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan, yang mana setiap menjelang Hari Raya besar keagamaan, misalnya menjelang Lebaran Idhul Fitri seluruh umat Islam yang ada di kota lain atau migran kebanyakan melakukan tradisi tersebut, dengan alasan untuk berkumpul dengan sanak saudara dan berkumpul dengan orang tua untuk saling bermaaf-maafan. Kata mudik sendiri berasal dari bahasa Jawa Ngoko, yaitu “mulih dilik” yang berarti pulang sebentar. 
Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan (bertemu) dengan orang tua. Para pemudik biasanya menggunakan transportasi antara lain pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Tradisi mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk Muslim, seperti Indonesia.
Polres Tegal Kota dalam Program dialog interaktif “Polisi Kita” yang berlangsung pada hari Rabu (01/07) pukul 13.00 wib kemarin. Dan dipandu oleh Bung Denhaz (penyiar Radio Gama FM) hadir sebagai narasumber Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Muslich S Ag. dan Kasat Lantas AKP Agus Triyono SH. “Dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat maka jajaran Polri menggelar pasukannya di sepanjang jalan, di Polda Jawa Tengah dalam agenda tahunan ini, akan menggelar Operasi Kemanusiaan dengan sandi “Operasi Ketupat Candi-2015”.
" Setiap tahun, khususnya Polres Tegal Kota akan menggelar ratusan personilnya untuk mengamankan dan mengatur arus lalu lintas mudik,” ujar Kabag Ops Polres Tegal Kota Kompol Muslich S Ag
Kabag Ops juga mengatakan Polres Tegal Kota menggelar 19 Pos yang terdiri dari 1 Pos Pam, 3 Pos Yan, dan 15 Pos Gakturlantas yang berada di titik-titik rawan Kamseltibcarlantas di Kota Tegal. Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan mudik dan melintas di Kota Tegal. 
Kasat Lantas juga mengingatkan agar masyarakat yang melakukan “mudik” dengan kendaraan pribadi (R2/R4) untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan digunakan nantinya. Seperti kondisi mesin, rem, ban, dan juga jangan paksakan kondisi tubuh. 
" Bila lelah dan mengantuk hendaknya untuk beristirahat sejenak, seperti istitrahat di rest area, pom bensin, dll. Juga jangan salah tempat yang digunakan untuk beristirahat, pilihlah tempat yang aman dan nyaman". pungkas Kasat lantas. Tio (R) 



Share this article :