Home » , » Brebes Mendapat Penghargaan KLA Madya Dari Presiden RI

Brebes Mendapat Penghargaan KLA Madya Dari Presiden RI

Written By suara rakyat on Wednesday, August 12, 2015 | 2:01 AM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak 2015 tingkat madya. Penghargaan diberikan oleh kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (KPPPA) di Istana Bogor, Selasa (11/8).
“Alkhamdulillah kali ini Brebes naik satu tingkat kembali setelah terakhir kali mendapat penghargaan KLA tingkat madya pada tahun 2013,” kata Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE, usai menerima penghargaan di Istana Bogor.
Presiden Joko Widodo memberikan langsung penghargaan tersebut dalam puncak kegiatan hari anak nasional di halaman istana. Ribuan anak yang hadir dihibur oleh grup band RUN, dan beberapa pementasan dari anak-anak.
Presiden juga membagikan puluhan sepeda kepada anak-anak yang hadir dari berbagai daerah tersebut dengan memberikan beberapa pertanyaan. Acara dipandu oleh artis kawakan Indra Bekti.
“Saya harap prestasi ini bisa dipertahankan, bahkan kalau bisa ditingkatkan dari madya menjadi nindya seperti presatasi yang diperoleh Bu Risma walikota Surabaya,” kata Idza.
Bupati Brebes, Jawa Tengah, Idza Priyanti mengaku tidak mudah meraih penghargaan Kabaupaten Layak Anak (KLA). Untuk itu, ia berbangga hati atas raihan yang diakuinya merupakan kerja tim yang hebat.
“Ini kerja tim yang sangat luar biasa, dari tiap SKPD (satuan kerja perangkat daerah) terkait. Meskipun leading sektornya dari BKBPP (Badan keluarga berencana dan Pemberdayaan Perempuan) dan PPT (pusat pelayana tepadu) Tiara,” ujar Idza. 
Bupati menjelaskan ada 31 indikator KLA. Untuk meraihnya pemerintah kabupaten Brebes telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) nomer 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan perlindungan anak. Perda tersebut sebagai payung hukum dalam melaksanakan program perlindungan anak di Brebes.
Selain itu, membentuk 10 rintisian desa layak anak, 23 sekolah ramah anak, membentuk PPT perlindungan perempuan dan anak di 17 kecamatan, dan membentuk gugus tugas kabupaten dan desa layak anak.
“Untuk meraih sebuah prestasi butuh perjuangan yang keras. Sebab kabupaten layak anak sudah diterima kabupaten Brebes sejak 2011 dan dirintis dari tahun 2009. Dan ini merupakan penghargaan yang keempat kali,” kata Bupati.
Bupati Brebes menerima penghargaan langsung dari Presiden Joko Widodo pada acara puncak Hari Anak Nasional (HAN) 2015, di halaman Istana Bogor. Bupati hadir bersama kepala BKBPP Kabupaten Brebes Drs Khambali dan para staf serta perwakilan PPT Tiara. Tio(R)

Share this article :