Home » , » Brebes Siap Gelontorkan Dana Desa 94,5 Miliyar

Brebes Siap Gelontorkan Dana Desa 94,5 Miliyar

Written By suara rakyat on Friday, August 14, 2015 | 4:47 PM

Brebes, (suararakyattegal.com) - Dana Desa sebesar Rp.94,5 milyar lebih untuk 292 desa yang ada di wilayah Kabupaten Brebes tahun 2015 akan segera dicairkan. Demikian yang disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dalam acara  Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Dana Desa di Islamic Centre Brebes, Rabu (12/8).
Menurut Idza sapaan akrab bupati Brebes, dana desa yang akan segera cair ini harus diikuti kesiapan dari pemerintah desa. Karena setiap dana yang digelontorkan pemerintah pusat maupun daerah harus dapat dipertanggungjawabkan. Terlebih dana desa ini berimplikasi kepada pembangunan dan masyarakat desa secara langsung.
“Pemerintah Desa harus mengerti betul mekanisme pencairan dan pelaporannya dana desa yang diterimanya. Salah satunya teknis perencanaan pembangunan desa yang terstruktur dan sistematis. Untuk itulah, saya berharap Kepala Desa dan Perangkat Desa yang hadir bisa dengan seksama berlatih dan menimba ilmu,” kata Bupati Idza.
Bupati mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis dana desa ini memiliki tiga makna penting, yaitu mencermati perkembangan kebijakan pemerintah pusat yang berkenaan dengan alokasi dana desa sebagai wujud komitmen pemerintah pusat dalam memfasilitasi penyelenggaraan pemerintahan desa.
Selain itu, peserta juga menerima bahan masukan dalam rangka menyusun rancangan kebijakan pemerintah desa yang berkenaan dengan alokasi dana desa sebagai salah satu sumber keuangan desa, yang merupakan salah satu prasyarat bagi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif, efisien, dan demokratis.
Dan untuk memperkuat komitmen bersama tentang pengelolaan keuangan desa dan pentingnya pengalokasian dana desa untuk mendukung efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa yang akan memberikan manfaat langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.
Kepala BPMD Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Azam SH mengatakan, bahwa sosialisasi dan bimtek dana desa ini akan diselenggarakan di tiga wilayah di Kabupaten Brebes. “Kegiatan ini diselenggarakan di Wilayah Kabupaten Brebes bagian utara, tengah dan selatan dengan tujuan lebih mendekatkan jarak tempuh masing-masing desa,” tutur Rofiq.
Penacairan dana desa ini menunggu kesiapan pemerintah desa menyiapkan semua perangkat administrasi maupun teknis yang didapatkan setelah mengikuti sosialisasi dan bimtek dana desa ini.
Sebagai pihak perbankan yang ditunjuk pemerintah adalah Bank Jateng Cabang Brebes dengan membuatkan rekening khusus pemerintah desa yang secara simbolis ditandatangani dan diserahkan oleh Bupati Brebes dan Direktur Bank Jateng Cabang Brebes kepada Kades. Tio(R)

Share this article :