Home » » Calon Haji Kab Brebes Tiap Tahun Meningkat 10 Persen

Calon Haji Kab Brebes Tiap Tahun Meningkat 10 Persen

Written By suara rakyat on Friday, August 14, 2015 | 4:06 PM

Paguyangan, (suararakyattegal.com) – Upaya memberi pelayanan dan pembekalan dalam melaksanakan ibadah haji  kepada para calon haji (calhaj) 2015. Kantor Kementrian Agama Kabupaten Brebes memberikan bimbingan manasik  haji yang digelar ditingkat kecamatan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes secara serentak, acara tersebut digelar selama 4 hari  dan telah dibuka oleh  camat selaku kepala wilayah kecamatan masing-masing. Belum lama ini.
Bimbingan manasik tahun ini dilaksanakan selama 4 hari lebih singkat dibandingan tahun sebelumnya.  yang mana aturan tersebut merupakan aturan yang diterapkan oleh Kantor Kementrian Agama Pusat, dan mungkin yang dikandung maksud untuk mengefesiensikan waktu, ujar Kepala KUA Kecamatan Paguyangan H Jamari SAg. saat ditemui usai pembukaanacara bimbingan  manasik haji diaula kantor setempat.
Lebih lanjut Jamari mengatakan, bimbingan manasik ini merupakan kewajiban Kementrian Agama yang dicantumkan pada undang-undang atau aturan yang ada,  yang harus dilakukan walaupun mereka telah menerima bimbingan haji/manasik melalui  masing-masing Kelompok Bimbingan Haji Indonesia (KBHI) yang mereka mendaftar, agar Calhaj Indonesia bisa melaksanakan ibadah ditanah suci nanti bisa lancar dan sesuai dengan syarat-syarat rukun haji  maupun syariat islam secara benar.
Dijelaskan untuk wilayah kecamatan paguyangan jumlah calhaj pada tiap tahun mengalami peningkatan dikarenakan kondisi perekonomian masyarakat sudah mulai semakin mapan termasuk tingginya tingkat keimanan mereka dalam menunaikan ibadah. Tahun ini jumlah calhaj kecamatan Paguyangan berjumlah 47 orang, ada kenaikan sekitar 10 orang pada tahun sebelumnya, jelas dia.
Sementara informasi rang dihimpun suararakyat, jumlah calhaj tahun ini total untuk wilayah kabupaten brebes bagian selatan sekitar 246 orang, yang meliputi Kecamatan Bumiayu berjumlah 81 orang, Paguyangan 47 orang, Sirampog 26, Bantarkawung 44 orang, Tonjong 28 dan Salem 20 orang, sehingga kenaikan calhaj pada setiap kecamatan  tiap tahunnya mencapai 10 persen. Imam (R)

Share this article :